Jul 10 2017

Simple Basic Quadcopter Drones

Simple Basic Concept dari Quadcopter, dari komponen yang dibutuhkan sampai dengan urutan merakitnya, Langsung saja ya, disini kita membutuhkan beberapa komponen dasar seperti:

  1. Frame adalah rangka dasar tempat meletakkan komponen komponen seperti, FC, ESC, Motor dan Battery, Frame yang ringan akan menambah lama durasi terbang kita dan frame yang kuat akan melindungi sebagian komponen komponen kita.
  2. FC atau Flight Controller adalah Sebuah modul untuk mengontrol penerbangan kita, FC menerjemahkan besaran besaran arus dan tegangan dari Radio Transmitter (Remote) ke FC dibagi menjadi beberapa channel, misal 8 channel control artinya channel 1 bisa di pakai untuk slide ke kiri dan kanan, channel 2 untuk atas bawah, channel 3 untuk naik dan turun dan seterusnya, bisa juga di pakai untuk Flip / acrobat, atau menyalakan lampu untuk terbang malam, atau untuk melepaskan benda yang di bawa drone.
  3. ESC atau Electronic Speed Controller adalah suatu komponen yang mengatur kecepatan motor dari FC, dimana sinkronisasi kecepatan disesuaikan dengan yang ada di Radio Transmitter (Remote), setiap Motor membutuhkan ESC masing masing 1 buah
  4. Gyroscope adalah penyeimbang posisi drone, apabila drone terkena angin dari kiri dia akan membalas kekanan, rasio balasnya akan disesuaikan dengan besarnya dorongan angin.
  5. Motor type Brushless adalah komponen yang bekerja untuk memutar propeller, dan mendapat perintah dari FC di terjemahkan oleh ESC sehingga putarannya bisa sinkron dengan Radio Transmitter (Remote).
  6. Propeller adalah komponen yang biasa di sebut baling baling, yang di gerakkan oleh motor untuk mengangkat drone ke udara, bentuknya memanjang dan melengkung hampir 90 derajat, yang mana agar bisa menyapu udara di bawahnya lebih optimal.
  7. Radio Transmitter dan Receiver adalah alat komunikasi dan antar muka perintah dari kita manusia dengan Quadcopter drone.
  8. Charger & Rechargeable Battery adalah Alat untuk mengisi ulang Battery, lama atau tidaknya terbang salah satunya adalah dengan kualitas Battery dan juga Kapasitas Battery, biasanya semakin baik kualitas dan semakain besar Kapasitas makin lama terbangnya.

Setelah semua terkumpul lalu mulailah perakitan urutannya :

  1. Siapkan Frame.
  2. Memasang FC di Frame, pastikan Antena tidak tertutup atau terhalang komponen lain.
  3. Sambungkan Motor di ESC dan rapihkan kabel di motor, sesuaikan motornya apakah putarannya CW (clockwise Rotation) atau CCW (Counter Clockwise Rotation), untuk ESC dan Motor sendiri bisa CW atau CCW tetapi untuk Propeller tidak bisa, jadi harus sesuai apakah CW atau CCW.
  4. Sambungkan ESC yang sudah tersambung dengan motor ke FC, ingat rapihkan kabelnya kalau bisa rata dengan framenya.
  5. Pasang Propeller pada motor perhatikan Jenis Propeller CW dan CCW jangan sampai salah.
  6. Pasang Battery yang sudah di charge ke connector FC.
  7. Hidupkan dan Kalibrasi sebelum terbang.
  8. Saran saya siapkan Battery cadangan 2 buah untuk latihan terbang.

Untuk lebih profesional lagi kita bisa tambahkan Accesories dan Fitur Instrument tambahan di Drone seperti: Accelerometer, Barometric Pressure Sensor, Invensense Gyro & Motion Processor, Microcontroller for Ultrasonic Sonar Control, FPV (first person view), GPS for RTH (Return to Home) dan masih banyak lagi, kira2 bisa sampai ratusan Instrument yang di pasang di Drone tsb.

Kalau kalian mau rakit Drone seperti diatas, kalian bisa beli di toko online dengan kata kunci “DIY Drones”.
Silahkan kalau ada yang ingin di tanyakan di dalam comment untuk seputar simple Basic Quadcopter ini.
Ini Link favorit saya di Youtube UAVfutures isinya perakitan, tips and trick, best komponen, best radio transmiter & receiver dan masih banyak lagi

Tolong di share

Permanent link to this article: http://berilmu.com/blog/simple-basic-quadcopter-drones/

Leave a Reply

Your email address will not be published.