«

»

Aug 28 2012

Print this Post

Macam macam Obat untuk sakit tenggorokan

Berkas:Pharyngitis.jpgPenyebabnya bisa beraneka ragam, bisa jadi virus (biasanya disertai demam), batuk pilek, alergi, bakteri streptococcus, atau merokok. Saran saya silahkan pilih obat obatan yang tersedia di rumah kita sebelum kita membeli, siapa tahu sembuh dan tidak jadi beli.
Assalamu'alaikum, Welcome to PutoZone, Toko Online Serba Murah, terima kasih sudah berkunjung di Berilmu.com

Obat obatan yang alami :

1. Berkumur dengan kunyit dan air garam

Campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Minum Jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Cara ini diyakini bisa meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cairan ini juga akan membersihkan lambung dan menenangkan usus. Lemon kaya vitamin C dan mineral-mineral lainnya yang bersifat alkali. Jangan cemas dengan rasa asamnya. Berlawanan dengan keyakinan umum, lemon tidak meningkatkan kadar asam, bahkan menyembuhkan kadar asam berlebih.

Saat mencapai lambung, efek alkalinya akan meredakan asam berlebih. Lemon ini akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi saat lambung dalam keadan kosong. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.

3. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan antimikroba alami. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari. Selain itu, bisa juga digunakan saat memasak. Minyak kelapa merupakan sumber energi bagi tubuh.

4. Hindari gula dan semua makanan olahan

Gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Karena itu, ada baiknya dihindari. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan juga mempunyai dampak yang sama. Jadi, ada baiknya menghindari keduanya.

5. Percepat pemulihan dengan lemon dan jus sayur

Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula. Dengan begitu tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Tipe diet puasa seperti ini akan mempercepat pemulihan.

6. Pisang

Selain rasanya yang tak asam, pisang merupakan buah yang bertekstur lembut sehingga aman saat dikonsumsi ketika tenggorokan sedang sakit. Buah yang sangat mudah untuk ditelan ini merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah, tetapi kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

7. Sup ayam

Sup ayam merupakan “obat kuno” untuk memerangi sakit tenggorokan. Semangkuk sup ayam hangat mengalahkan antibiotik. Sup ayam mengandung “properti” anti-peradangan ringan dan membantu dalam mengurangi kemacetan akibat virus berkontak dengan membran lendir. Buatlah sup ayam Anda kaya gizi dengan dipenuhi wortel, bawang, seledri, lobak, ubi jalar, dan bawang putih, yang semua nutrisinya dikenal bermanfaat dan ampuh dalam masa-masa penyembuhan.

8. Lemon yang dicampur madu

Campuran sari lemon dan madu juga merupakan “obat” alternatif yang sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Campuran ini juga bagus ketika tenggorokan mulai terasa meradang. Sakit tenggorokan Anda akan segera merasa lebih baik dengan karena mengurangi peradangan.

9. Telur orak-arik atau putih telur

Telur orak arik atau putih telur rebus merupakan sumber protein yang bagus untuk menangani peradangan. Makanan ini juga mudah dicerna dan tak sakit jika ditelan saat sakit tenggorakan. Namun, pastikan Anda tidak memuat hidangan dengan bumbu karena dapat memperburuk rasa sakit.

Obat obatan yang di jual di apotik bebas tanpa resep :

1. Degirol – Darya Varia

Degirol adalah permen hisap rasa lemon yang mengandung senyawa aktif dequalinium chloride, suatu bahan anti bakteri dan anti jamur yang efektif untuk membunuh berbagai macam bakteri gram positif dan gram negatif, Bor-relia vincentiCandida albicans, dan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Karena rasanya manis, penggunaannya dihisap seperti permen 3-4 jam sekali. Tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut, jangan sampai melebihi 8 tablet dalam sehari. Pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang harus dihindari. Harganya Rp 3.000, 00 per 4 tablet.

2. Strepsils – Reckitt Benckiser Healthcare Manufacturing

Strepsils mengandung 2,4-diklorobenzyl alcohol (dibenal) dan amylmetakresol. Tersedia dalam 3 varian rasa yaitu regular (merah), cool (biru), dan honey & lemon (kuning). Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Hati-hati pemakaian pada anak karena bisa menyebabkan tersedak. Harganya Rp 5.000, 00 per 6 butir.

3. SP Troches – Meiji

SP Troches sama seperti degirol, mengandung dequalinium chloride. Bedanya hanya pada varian rasa yaitu tersedia dalam 3 pilihan rasa: strawberry, melon, dan kopi. Harganya Rp 4.000, 00 per 6 tablet.

4. Efisol Lozenges – Novell

Efisol loz mengandung dequalinium chloride plus vitamin C untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Penggunaannya sama dengan Degirol maupun SP Troches. Harganya Rp 8.000, 00 per 10 tablet.

5. Lemocin – Novartis

Lemocin mengandung tyrothricin, cetridium bromide, dan lidocaine. Tyrothricin adalah campuran dari antibiotik polipeptida (gramisidin dan tirosidin) merupakan antibiotik topikal dengan aktivitas bakteriostatik terhadap mikroorganisme gram positif. Aktivitas antibakteri dari tyrothricin ini ditunjang oleh efek antiseptik cetridium bromide yang memiliki sifat surfaktan lemah sehingga dapat diperoleh suatu efek yang nyata. Lidocaine merupakan anestesi lokal golongan amida, mengubah permeabilitas membran sel terhadap ion natrium sehingga menghambat konduksi impuls syaraf.

Lidocaine disekresikan melalui air susu, tidak dianjurkan untuk wanita menyusui. Belum ada data klinis obat ini berefek terhadap janin, tapi sebaiknya dihindari bagi wanita hamil. Dosis untuk inflamasi ringan 2-3 jam sekali. Harganya Rp 10.300, 00 per 4 tablet.

6. FG Troches –Meiji

FG Troches mengandung fradiomycin dan gramicidin, suatu antibiotik topikal untuk bakteri staphylococcus dan streptococcus. Obat ini menjadi pilihan utama kebanyakan pasien karena dinilai lebih manjur.

Meskipun senyawa aktifnya berupa antibiotik, namun jangan khawatir karena antibiotik ini sifatnya hanya topikal saja. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Biarkan kontak sesering mungkin antara obat dengan tempat yang terinfeksi dimana bakteri bersarang, itulah alasan kenapa obat ini berbentuk seperti permen yang efektif diemut di rongga mulut atau di bawah lidah. Harganya Rp 11.500, 00 per 10 tablet.

Demikian, sedikit informasi tentang obat sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat. Yang gak ngerti istilah-istilahnya, gak usah dipikirin. Yang penting tahu saja kalau sakit tenggorokan mesti beli obat apa.

Pengobatan dan obat radang tenggorokan dan masalah mulut sangat tergantung pada penyebabnya. Sebagai obat radang tenggorokan dan masalah mulut; sariawan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala tersedia Cooling 5 dengan bentuk sediaan Spray.

7. Cooling 5

Penyebab
Terapi dan Pengobatan
Kuman dan bakteri (strep throat) Diperlukan antibiotik, dengan tujuan membunuh kuman atau bakteri secara tuntas juga untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi lanjutan yang tambah parah.Selain itu juga diperlukan obat – obat untuk meringankan gejala yang ditimbulkan
Virus, Batuk pilek dan Alergi
(sore throat)
Tidak diperlukan antibiotik, namun yang diobati adalah gejala yang timbul, misalnya obat penurun panas untuk mengatasi demam dan diberikan obat anastetik untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.Dapat sembuh tanpa pengobatan + 3 sampai 7 hari, dan diperlukan istirahat yang cukup. Dan bila karena alergi, dihindari pencetus alerginya.

Tips mengatasi sakit pada tenggorokan:

  • Istirahat yang cukup
  • hindari rokok dan minuman berakohol
  • Hindari makanan yang digoreng dan berminyak
  • Minum air putih hangat yang banyak
  • Berkumur dengan air-garam hangat
  • Sedia selalu Cooling 5 spray terutama bagi Anda yang rentan terhadap iritasi pada tenggorokan

Rasa sakit karena ISPA terutama sakit, kering dan gatal pada tenggorokan tidak dapat cepat hilang, sehingga dapat mengganggu aktifitas kita sehari – hari. Untuk itu diperlukan penghilang rasa sakit, agar kita dapat tetap beraktifitas dengan baik dan cepat terbebas dari rasa sakit, kering dan gatal pada tenggorokan. Cooling 5 mengatasi Rasa sakit pada tenggorokan dengan cepat dan tepat.

Keunggulan Cooling 5:

  • Sebagai antiseptik, yang berfungsi membunuh, mencegah dan menunda pertumbuhan kuman sekaligus sebagai anestetik yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit pada tenggorokan dan mulut.
  • Bekerja dalam waktu cepat, manfaatnya dapat dirasakan dalam 5 DETIK
  • Bentuk spray dapat langsung disemprot pada area yang sakit
  • Praktis, mudah dibawa

Dapat digunakan oleh anak-anak mulai usia 7 tahun hingga orang dewasa. Caranya dengan semprotkan tepat ke arah tenggorokan. Kemasan : Botol isi 15 ml (100 x semprot).

Dosis : Untuk setiap kali pemakaian, cukup semprotkan 2-3 kali tepat ke arah tenggorokan. Semprotan jangan mengenai lidah. Pemakaian dapat diulang setiap 3 jam sampai gejala reda.

Cooling 5 termasuk obat bebas yang dapat dipakai tanpa resep dokter dan sudah diregistrasikan ke Badan POM sehingga keamanan dan keefektifannya sudah terjamin. Gunakan Cooling 5 sekarang juga agar terbebas dari masalah mulut.

Tolong di share

Permanent link to this article: http://berilmu.com/blog/macam2-obat-untuk-sakit-tenggorokan/

3 comments

  1. toko herbal jogja

    terima kasih gan atas infonya….
    cara alami dalam penyembuhan memang akan berdampak baik bagi kesehatan manusia. Sehingga mulai banyak cara alami untuk menyembuhkan suatu penyakit khususnya sakit tenggorokan

    1. Oos Depok

      sama2

  2. Danny

    terima kasih banyak pak, atas info nya,
    sangat permanfaat sekali buat saya dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *