Mar 06 2013

Cara mengecek history tunggakan / blacklist calon Nasabah, Perusahaan ataupun Orang

Setiap ingin melakukan hubungan kerjasama atau memberikan pinjaman dan investasi selalu melibatkan history seseorang di masa lalunya, agar tidak terjadi kesalahan kesalahan, misalnya ada tunggakan, kasus transaksi dan lain2. Pengecekan bisa secara Online dan Offline.

Secara Offline bisa lihat dibawah ini

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Pusat Informasi Kredit
Telp: 62-21-3817908
Fax: 62-21-3523687
E-mail: bik@bi.go.id
Gerai Info
Menara Sjafruddin Prawiranegara Lt. Dasar
Jln M.H.Thamrin No.2
Jakarta 10350

Waktu kunjungan:

Senin – Jumat,
pk.08.30 – 15.30 WIB (hari libur nasional tutup)
Gratis, tanpa dipungut biaya

TOLONG BACA SAMPAI BAWAH ADA LINK PENTING UNTUK MENGECEK DIRI SENDIRI.
Mari kita lihat prosesnya di Bank Indonesia, Karena History tersebut tersimpan di Bank Indonesia.

Permintaan IDI Historis melalui Lembaga Keuangan

  1. Masyarakat mengajukan permohonan untuk melihat data IDI Historis kepada lembaga keuangan, tempat debitur tersebut mengajukan permohonan penyediaan dana/pembiayaan.
  2. Lembaga Keuangan anggota Biro Informasi Kredit mencari informasi mengenai data fasilitas (BI Checking).
  3. Hasil permintaan IDI berupa IDI Historis yang berisi data fasilitas yang dimiliki oleh Masyarakat tersebut.
  4. Lembaga keuangan memberikan IDI Historis dalam bentuk hardcopy kepada masyarakat yang meminta.

Permintaan IDI Historis melalui Gerai Info

  1. Masyarakat mengajukan permohonan untuk melihat data IDI Historis kepada BI melalui Gerai Info.
  2. Petugas Gerai Info melakukan BI Checking.
  3. Hasil permintaan IDI berupa IDI Historis yang berisi data fasilitas yang dimiliki oleh Masyarakat tersebut.
  4. Petugas Gerai Info memberikan IDI Historis dalam bentuk hardcopy kepada masyarakat yang meminta.

Permintaan IDI Historis secara online

  • Masyarakat mengajukan permohonan untuk melihat data IDI Historis dengan mengisi formulir dalam Website BI (secara online) . BI akan melakukan pengecekan data debitur. Apabila data yang diisi tidak ada yang cocok dengan data yang dilaporkan lembaga keuangan, maka BI akan mengirimkan jawaban kepada pemohon melalui email bahwa data yang bersangkutan tidak ada. Apabila data yang diisi sesuai dengan data yang dilaporkan lembaga keuangan , maka BI akan mengirimkan jawaban kepada pemohon melalui email bahwa data yang bersangkutan ada dan dapat diambil di Gerai Info Bank Indonesia pada hari dan jam tertentu dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

bichecking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biasanya bila ada yang ingin mengajukan kredit maka pihak pemberi pinjaman akan mengecek KOL (Kolektibilitas) dan di bagi 5 jenis KOL spt di bawah ini:

  1. Kolektibilitas 1 ( Kol 1) – lancar. Dimana tidak pernah terdapat keterlambatan dalam pembayaran angsuran kredit yang dimiliki.
  2. Kolektibilitas 2 ( Kol 2) – Dalam perhatian khusus. Dimana terdapat pembayaran kurang lancar, biasanya keterlambatan membayar angsuran sampai kurang lebih 60 hari atau 2 bulan, masih dikategorikan sebagai kol 2. Pada kondisi ini biasanya perbankan sudah mulai waspada, karena ditakutkan debitur akan menunda pembayaran lebih lama lagi.
  3. Kolektibilitas 3 ( kol 3) – tidak lancar. Terjadi keterlambatan bayar selama lebih dari 2 bulan sampai jangka waktu 6 bulan. Pada masa ini biasanya Perbankan sudah mulai menawarkan alternatif alternatif penyelesaian tunggakan.
  4. Kolektibilitas 4 ( kol 4) – Diragukan. Keterlambatan bayar yang telah terjadi lebih dari 6 bulan, dan atau pada saat jatuh tempo kredit, debitur belum dapat menyelesaikan kredit tersebut.
  5. Kolektibilitas 5 ( Kol 5) – Macet. Debitur sudah tidak dapat menyelesaikan kredit yang dimiliki. Beberapa alternatif yang ditawrkan perbankan juga tidak dapat dilaksanakan. Mungkin pada saat ini, akan dilakukan lelang terhadap aset yang telah menjadi jaminan.

Contoh pengecekan online yang saya lakukan dan dikirim via email oleh BI pada tahun 2014.

 

Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link ini

Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link ini

Jika sudah di cek dan ternyata ada salah data maka silahkan ikuti proses ini untuk memperbaiki data data anda sampai benar klik link ini

 

Sumber : Bank Indonesia

Big Thanks
Oos

Melihat langsung Erupsi dari dalam perut Gunung Bromo

Explore tanjung lesung pake Drone dan Sepeda

Explore Leuwi Hejo, Lieuk, Cepet, Benjol, Baliung dan Ciung

Tolong di share

Permanent link to this article: http://berilmu.com/blog/cara-mengecek-history-tunggakan-blacklist-calon-nasabah-perusahaan-ataupun-orang/

239 comments

Skip to comment form

    • Sopani on December 8, 2017 at 20:32
    • Reply

    Malam gan..klo mau cek data ke pribadi saya ke BI bagaimana caranya gan..thx

    1. Caranya nih gan https://youtu.be/gF0qKjp6Dpg

    • Ade on December 2, 2017 at 03:14
    • Reply

    Gan, saya mau mengembalikan motor k leasing fif karna tidak sanggup bayar lagi, baru angsuran ke 2 dari 23X.. saya tidak akan mempersalahkan jika uang saya tidak kembali sepersen pun. Bi Checking saya jadi buruk/jelek/cacat gak gan.. mohon jawabannya gan.. thanks gan..

    1. Asal tidak ada biaya biaya yg tersisa dan pastikan ke leasing bahwa barang sdh di tarik dan tidak ada lagi tunggakan admnistrasi, tetapi hati2 bila masih ada tunggakan administrasi nanti bisa bermasalah dan sampai ke BI.

    • aminudin on November 12, 2017 at 03:18
    • Reply

    Saya masuk kol 5 karena saya pernah kredit macet gara2 data saya di pinjem saudara….sekarang hutang nya sudah lunas apakah kol saya bisa naik ke 1 lagi makasih gan

    1. Benar bisa naik jadi KOL 1, tapi sebaiknya anda cek menggunakan cara di web atau video disini https://youtu.be/gF0qKjp6Dpg

    • Luthfia Nur Adisti on November 9, 2017 at 20:55
    • Reply

    Selamat malam, saya mau tanya. Pacar saya sempat punya masalah dgn salah satu tempat kredit dikarenakan nama Pacar saya dipakai untuk keponakan saya mengkredit sebuah smartphone, karna kesalahan keponakan saya yg telat bayar nama pacar sayapun diblacklist oleh BI, masuk Kol 5 saat dicek pada bulan Januari 2017. setelah melunasi tunggakan pada 30 desember 2016 dan telah menerima konfirmasi dari pihak tempat kredit berupa email surat pernyataan pelunasan,lalu pacar saya ingin mengajukan pinjaman ke salah satu bank proses pemutihan nama minimal setahun, kebetulan kakak ipar saya kerja di BI dan mencoba cek melalui BI Checking pada bulan agustus 2017 nama dan status pacar saya sudah berubah menjadi Kol 1 = lancar.
    Tapi, sampai bulan November ini pengajuan di salah satu bank belum bisa diacc oleh pihak bank. Pihak bank memberikan respon utk agar diajukan lagi di 30 desember 2017. Pertanyaan saya, kira kira apakah pacar saya akan diacc oleh pihak bank tsb atau bagaimana?

    Terima kasih ­čÖé

    1. Mungkin data yang di terima Bank belum update, soalnya kan di bln agustus sudah KOL 1, mungkin data yg di bank tsb masih ditahun lalu, ada baiknya ditanya kenapa pihak bank memberi respon di 30 desember 2017, dan di coba ke bank lain apakah bisa langsung tanpa harus menunggu 30 des 2017.

    • ningrum on October 26, 2017 at 08:36
    • Reply

    Saya pernah kredit barang di Mega se inget saya tdk pernah bayar telat sampe bulan bulanan paling satu atau dua hari.. Saya mengajukan permohonan kredit di bank. Bank trsbut blg saya ga di setujiu alasan saya ada KOL 2 69 hari itu gman solusinya ya?

    1. perlu di ketahui dulu KOL itu apa, penjelasannya di bawah ini :
      Kolektibilitas 1 ( Kol 1) – lancar. Dimana tidak pernah terdapat keterlambatan dalam pembayaran angsuran kredit yang dimiliki.
      Kolektibilitas 2 ( Kol 2) – Dalam perhatian khusus. Dimana terdapat pembayaran kurang lancar, biasanya keterlambatan membayar angsuran sampai kurang lebih 60 hari atau 2 bulan, masih dikategorikan sebagai kol 2. Pada kondisi ini biasanya perbankan sudah mulai waspada, karena ditakutkan debitur akan menunda pembayaran lebih lama lagi.
      Kolektibilitas 3 ( kol 3) – tidak lancar. Terjadi keterlambatan bayar selama lebih dari 2 bulan sampai jangka waktu 6 bulan. Pada masa ini biasanya Perbankan sudah mulai menawarkan alternatif alternatif penyelesaian tunggakan.
      Kolektibilitas 4 ( kol 4) – Diragukan. Keterlambatan bayar yang telah terjadi lebih dari 6 bulan, dan atau pada saat jatuh tempo kredit, debitur belum dapat menyelesaikan kredit tersebut.
      Kolektibilitas 5 ( Kol 5) – Macet. Debitur sudah tidak dapat menyelesaikan kredit yang dimiliki. Beberapa alternatif yang ditawrkan perbankan juga tidak dapat dilaksanakan. Mungkin pada saat ini, akan dilakukan lelang terhadap aset yang telah menjadi jaminan.

      disitu anda sedang mengalami KOL 2, kalau anda tidak merasa terlambat sampai 69 hari mungkin ada uang anda yg tidak di setorkan ke bank, Solusinya cek pihak leasing barang tsb lakukan komplain jikalau memang tidak pernah telat sampai 69 hari.

    • Norwan. on October 24, 2017 at 04:19
    • Reply

    Saya mohon solusinya pak?.Saya bingung,pinjaman ke BRI bulan ini ditolak dgn alasan cek BI sy ada tunggakan 1jt lebih tahun 2010 di Bank Danamon.Jadi saya kaget,saya tidak pernah pinjam uang di Bank Damon tp ada utang.Jadi saya tanyak2,ternyata Danamon ada kaitannya dgn Adira.Di Adira memang saya pernah kredit lap top thn 2010 tapi uda lunas thn 2011,sy mendapat telpon dari pihak Adira sendiri yg menyatakan angsuran sy sudah lunas.Memang setelah itu sampai thn 2017 ini tdk ada lagi yg nelpon atau menagih ke rumah sy..Biasanya kalau sdh lewat hari,di telpon terus sampai bayar baru stop.Apa lagi lewat bulan ???.Laptop nya msh ada sampai sekarang.Hanya tanda lunasnya, mereka tdk buatkan utk sy simpan,dan bodohnya,sy jg tdk minta.Dengar cerita thn 2015,Adira quantum Bangka/Belitung sudah tutup,jd sy tdk dpt mengurusnya,untuk meminta Surat Keterangan Lunas dari Adira sebagai syarat untuk keBRi.Dan kalau memang saya ada tunggakan selama itu,kenapa tdk ada surat tagihan,atau surat penarikan barang.Rumah saya pinggir jalan,alamat saya lengkap,sy tidak pernah lari.Pak?mohon solusinya,apakah sy harus ke kantor pusat Jkt?.

    1. Strategi ke 1. Di sini yang menjadi alat kekuatan bapak adalah tanda lunasnya, kalau jadi saya tidak mau ribet, saya terpaksa bayar 1 juta lagi dan minta di putihkan data saya di dalam blacklist, dan minta sekalian pinjaman di berikan.

      Strategi ke 2. mungkin bisa di cari orang Adira yang di bangka belitung, kalau tdk ketemu minta ke adira pusat dan kumpulkan semua kronologis di ceritakan terurut sehingga mereka bisa menerima cerita bapak, atau bisa juga setoran tidak diteruskan padahal bapak sudah bayar, salahnya tidak ada tanda bukti lunas, untuk surat tagihan bisa saja tidak sampai dengan berbagai alasan, apalagi penarikan barang sama saja bisa berbagai alasan, focus saja dari krologis pembayaran terakhir nanti disitu mereka akan temukan benang merahnya….
      semoga berhasil.
      Big Thanks.
      Oos.

    • danial on October 22, 2017 at 00:37
    • Reply

    om numpang tanya aku pengajukan kredit motor tapi kok tolakan semua ya padahal aku blm pernah ngambil apakah namaku di blaklist pdhl saratnya lengkap.trims…

    1. Belum tentu di tolak karena blacklist, bisa jadi ada persyaratan yang tidak terpenuhi, tanyakan lebih detail kenapa di tolak dan mengapa bisa terjadi…
      big thanks.
      Oos.

    • Rna on October 18, 2017 at 11:12
    • Reply

    Saya salah satu nasabah lembaga Finance utk kredit mobil, saat ini lembaga Finance tersebut sudah tutup sedangkan saya mau melakukan pelunasan/pembayaran cicilan tidak bisa .. apakah kalau lewat jatuh tempo akan dianggap tunggakan dan masuk dalam laporan BI? Trims

    1. Sepertinya begitu, silahkan di coba cek sendiri apakah kena blacklist atau tidak spt contoh di blog ini.
      Thanks.

    • alfin afriliana on October 16, 2017 at 10:27
    • Reply

    Saya mau tanya saya ada tunggakan angsuran satu bulan lagi ,, jatuh tempo tnggl 15 juli ,, saya blum melunasi sampe sekarng,, udah 4 bulan apakah udah masuk beck list blum

    1. Bisa sudah bisa belum, coba di cek aja sesuai isi di blog ini.

    • Yesi Sumiartik on October 11, 2017 at 09:14
    • Reply

    Mohon infonya, sebelum saya kredit motor di FIF Desa Sosok Kec. Tayan Hulu Kab. Sanggau, saya ingin menanyakan kenapa nama saya bisa di backlist, emang terkadang pembayaran angsuran agak telat, tapi setiap pembayaran angsuran saya selalu membayar angsuran plus denda 3 bulan sebelum masa kredit, angsuran kredit langsung saya lunasi 3 bulan. anehnya pada saat ingin mencoba mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor karyawan FIF mengatakan maaf ibu, nama ibu sudah di blacklist. mohon masukan serta solusinya, apakah benar FIF Desa Sosok Kec. Tayan Hulu Kab. Sanggau. benar-benar mengikuti aturan-aturan perkreditan di cabang/pusat FIF. terima kasig

    1. Bu Yesi, untuk hal ini saya tidak berkewenangan untuk bisa melihat data blacklist, di blog ini hanya mensharing informasi untuk mengecek, silahkan ibu ikuti cara di blog ini bilang ingin benar2 tahu apakah di black list, jangan2 hanya FIF saja yg blacklist sedangkan BI tidak mem blacklist Bu Yesi.
      thanks.

    • Vera on October 3, 2017 at 17:38
    • Reply

    Selamat sore sy mau tanya. Sy ada ajukan kpr perumahan itu jatuh tempo di tgl 7. Karna saya gajian tgl 30 jd tiap bulan sy setor nya tiap tgl 30. Tp sy juga selalu konfirmasi dengan pihak bank btn untuk pembayaran di tgl 30. Dan mereka oke. Tp belum lama ini sy selalu di telpon2 sma pihak kredit plus karna kasus atas nama. Sy pinjami teman nama saya untuk ambil elektronik. Awalnya lancar semakin ke 4 bulan ke bawah macet2 sampai tadi saya ke kantor kredit plus melunaskan sisa hutang beserta denda. Karna waktu dekat ini saya mau ajukan modal usaha di bri. Apa sy bisa ajukan di bri ? Apa nama sy blacklist? Terimakasih

    1. Selamat pagi, Insya ALLOH bisa dan tidak di blacklist.

    • PauloP28 on October 2, 2017 at 08:51
    • Reply

    Mohon sarannya aja pak.. saat ini saya sedang kredit motor ke Adira Finance dengan jangka tenor 24 bulan. saat ini sudah berjalan 5x dari 24x tanpa tunggakan akan tetapi kurang lebih selama 4x berturut2 saya kena denda dikarenakan jatuh tempo. jatuh tempo saya tiap tgl 22 akan tetapi saya melakukan pembayaran selalu di tgl 25 karena itu tgl tepat saat saya gajian. pertanyaan saya yg pertama apakah karena denda tsb saya sudah terdaftar di BI Blacklist??? padahal saya tidak pernah nunggak… dan sekedar info saja saya, ini merupakan kredit motor yg ke-2x nya saya di Adira. untuk kredit motor yg pertama selama 12 bulan telah lunas. dan setelah lunas saya ambil motor yg ke-2 ini dengan tenor lebih lama yaitu 24 bln.

    pertanyaan saya yang ke-2 adalah Apakah lebih baik saya menyerahkan motor saya untuk bulan ini (Oktober) sebelum tgl jatuh tempo ke pihak Adira atau tunggu ditarik oleh pihak leasing?? dan apakah setelah menyerahkan motor saya seperti itu saya tetap masuk di daftar blacklist khususnya leasing??????? tapi tidak pernah ada tunggakan hanya denda.

    sekian dan terima kasih.

    1. Halo, kalau dilihat permasalahannya belum di blacklist, karena ini hanya masalah terlambat pembayaran, ngga ada salahnya minta leasing untuk mengubah tanggal penagihan menjadi tgl 30 biar aman sudah gajian.

    • Wahyudi on October 2, 2017 at 06:31
    • Reply

    Sya mau tnya mas, sya ada mngajukan kredit elektronik udh 6kli byar, tinggal 3kli aja lagi. Tp elektronik nya hilang dan gk bisa byar lgi . Apa leasing akn mngambil krmah collektor menagih?

    1. SOP nya sih begitu, kalau ada asuransi coba di urus, kalau ngga ada terpaksa menanggung resiko tsb.

    • Novi on September 28, 2017 at 15:55
    • Reply

    Maaf saya mau tanya. Dl saya prnh kredit motor dgn leasing adira. Dan smpe bln ke 10 saya tidak bayar. Dan dengan baik2 kollektor tarik motor tersebut.
    Nah.. selanjutnya nama saya terblacklist gak ya dan saya bisa gak ajukan ambil motor lagi???

    1. harusnya tidak, tapi ngga ada salahnya di cek lagi, jangan2 ada administrasi yang belum di lunasi atau di selesaikan.

    • Juliuz on September 20, 2017 at 15:07
    • Reply

    Mohon pencerahannya saya mengambil kredit mobil bekas di leasing , tetapi baru 1 bulan kami sekeluarga kecewa dengan kondisi mobil yg ternyata jelek dan jika servis mengeluarkan biaya yg cukup besar sekitar 2jt an , ditambah kami kecewa dengan showroom yg tidak jujur diawal mengenai STNK mobil yg hilang. Kami akui sekeluarga ini adalah mobil pertama kami , tapi kami terlanjur kecewa dan akan segera mengembalikan ke leasing, menurut bapak apakah saya serahkan sebelum tgl jatuh tempo atau saya biarkan sampai ditarik debt. Colector (sebenarnya kami tidak ingin Krn akan malu) . Dan apakah nama saya otomatis terblacklist ??? Saya tdk ada masalah dgn leasing g tsb hanya kecewa dengan showroom dan kebodohan saya yg awam dlm memilih mobil bekas. Terimakasih sebelumnya

    1. Strategi 1 kembalikan ke leasing sampaikan semua komplain dan bilang saja tidak sanggup bayar untuk mobil dgn kondisi spt ini, lalu lunasi semua administrasi.
      Strategi 2 Serahkan ke leasing sampaikan tidak sanggup bayar dan tidak usah komplain dan lunasi semua administrasi.
      kalau jadi saya pakai strategi 2 dan kita jgn banyak omong ke mereka dan lunasi administrasi minta tanda2 bukti tidak ada tunggakan administrasi dan sisa cicilan, insya ALLOH tidak kena Blacklist, kalau kena Blacklist sampaikan tanda tanda bukti tadi.

      Mohon maaf saya berlepas diri dari Segala resiko yg anda ambil.
      Big Thanks.
      Oos

        • Juliuz on September 21, 2017 at 06:13
        • Reply

        Resiko seperti apa yg sekiranya akan muncul pak? Terimakasih

        1. Resiko bisa di tolak, bisa juga kena denda dan lain2.

    • Darma on September 20, 2017 at 03:41
    • Reply

    Saya punya kredit di leasing oto tp bayarnya telat tanggal trus slama 2 tahun.angsuran kurang 1 tahun lunas. . Apa saya uda kena black list di bi ya pak

    1. Kemungkinan kena.

        • PauloP28 on October 2, 2017 at 08:37
        • Reply

        kenapa bisa kena ya pak? karena kejadiannya seperti saya… selama kurang lebih hampir setahun saya selalu bayar telah 3 hari tapi lancar dikarenakan jatuh tempo saya yaitu tgl 22 sedangkan saya gajian tgl 25. belum pernah nunggak sama sekali kcuali denda.

        1. Kan disitu saya bilang Baru kemungkinan, belum tentu kena, sebaiknya di konsultasikan ke leasingnya.

  1. Pak saya mau kredit rumah tpi saya pernah ambil mtor yg pakai bukan saya
    Tp saudra pak.tpi bayar ny nungak terus motorny diambil lesing
    Bisa ngak saya ambil kredit rumh.terimakasih

    1. selama tidak ada tunggakan administrasi seharusnya masih bisa.

        • teguh Setyawan on November 8, 2017 at 19:25
        • Reply

        Saya minta solusinya saya pernah dimintai tolong sama tetangga terus sy gak th sepeda motor itu lunas apa blm tp sudah 5 THN lalu apa klu blm lunas nama saya kenal blacklis

        1. kalau ada tunggakan kemungkinan kena blacklist, di coba cara mengecek spt di blog ini atau lihat di yutub ini https://youtu.be/gF0qKjp6Dpg

    • vita efendi on August 16, 2017 at 13:25
    • Reply

    siang mas, saya vita mau tanya apa bisa kita cek BPKB yg digadaikan temen saya karena salah kepercayaan dan org itu tdk bertangung jawab, dia mengadaikannya pakai TTD palsu, bagaimana ya saya cek nasib BPKB saya itu, karena mau mudik pun susah lantaran pajak mati, dia mengadaikannya di salah satu bank, ap bisa saya cari tahu itu? dimana ya

    1. Mohon maaf saya tidak tahu.

        • vita efendi on August 16, 2017 at 13:32
        • Reply

        tapi di web ini dijlaskan bahwa permohonan/ pengecekan tentang perihal bank

        1. ini pengecekan blacklist atas tunggakan yang tidak di bayar bayar dalam rentang waktu tertentu, bukan untuk mengecek bpkb.

            • vita efendi on August 16, 2017 at 13:43
            • Reply

            ok.terikasih

    • tony on August 8, 2017 at 19:08
    • Reply

    Mau tanya mas kalau cek daftar blacklist seseorang itu bisa apa tidak ya

    1. Bisa, kan seperti yg di blog ini.

    • Nurlia on August 2, 2017 at 11:59
    • Reply

    Saya mau tanya saya ada ambil motor kredit trus saya udah lunasi dan ada beberpa x saya telat byar y,,,trus skarang motor y udah lunas tpi saya masi ada denda yg blom saya bayar bpkp y jga blom di ambil kira2 saya kna blaclist gk di bi cheking

    1. Harusnya tidak, kalau misal kena blacklist silahkan komplain ke tempat kredit / leasingnya.

      • Ikhsan on August 8, 2017 at 21:30
      • Reply

      Maaf tanya, saya pnjam 10jt bri tempo 1,5,, seharusnya lunas februari 2016&sy kira sdah kunas, ternyata masih kurg 400rb&kmrin pihak bang dtg krumah&sudah saya lunasi. Apakah saya masuk blacklist&bisa mengajukan kredit lg? Trims,,,

      1. Harusnya tidak, dan misal masuk blacklist bisa minta bantuan ke pihak leasing untuk memperbaiki data.

    • Euis Tina Kartini on July 31, 2017 at 20:06
    • Reply

    Saya dulu kredit furniture di adira. Sudah lunas bulan februari 2016. Nah, sekarang mau pengajuan pinjaman ke BRI, katanya ga bisa karena masih ada tunggakan sekitar Rp. 136,00 ke Adira. Tapi pas saya tanya ke adira nama saya sudah ga bisa dilacak karena sudah lama. Gimana ya? Saya pelunasan di kantor pos, da kata pihak kantor pos bisa pelunasan disana.

    1. Coba dilunasi saja dan bawa tanda buktinya dan kasih lihat ke Adira dan juga BRI.

    • Gabriela on July 29, 2017 at 09:46
    • Reply

    Permisi saya mau tanya.
    Saya punya cicilan hp di kredit plus. Jatuh tempo pembayaran hari ini 29 juli. Sdh cicilan ke 8. Saya selalu tepat waktu membayar cicilan, tapi untuk bulan ini saya akan telat bayar karena gaji telat masuk. Bisa bayarnya tgl 7 agustus. Kalo seperti itu, apakah saya sudah masuk blacklist BI? Mohon infonya.. tks

    1. Harusnya belum, biasanya di atas 6 bulan.

    • ERRYK on July 25, 2017 at 18:15
    • Reply

    assalamualikum wr wb….saya pernah kredit motor difinance 4 tahun lalu tp karna g mampu stor ditarik ,apakah kena blacklis BI?

    1. Wa’alaikumussalam, Kalau motor di tarik dan masih ada kekurangan atau masih ada hutang maka masuk blacklist

  2. Dua tahun lalu saya ngredit di adira . lalu adira tempat saya ngredit kantornya tutup kredit saya tinggal satu bulan yang belum di bayar saya Mau bayar sisa nya tapi saya lupa nomor resi nya apa kah saya bisa minta nomor resi saya lagi?

    1. Dua tahun lalu saya ngredit di adira. Skrg kantor adira tempat saya tinggal tutup.
      Saya mw bayar sisa kredit saya tapi saya lupa nmor resi nya apa kah di sini saya bisa minta nmor resi pembayaran kredit saya?

      1. Harusnya bisa, coba cari cabang lain atau ke pusatnya langsung.

    • Agus on July 17, 2017 at 18:10
    • Reply

    Saya mau tanya..Saya pernah ambil motor.Motor saya terima trima tgl 19..Padahal saya sudah minta motor di kirim tgl 27(pas gajian) tapi seles itu ttp ngeyel Ktanya walopun motor datang tgl 19 Nnti pembayaran nya bisa di tgl 27 Ternyata tidak bisa..Yg saya mau tanya apa dalam kurun waktu kridit saya nunggak perbulan nya sembilan hari(19 ke 27) dan saya Bayar cicilan itu rutin di tgl 27 sampe lunas..Apa itu masuk baklist BI ceking.. Trima kasih infonya

    1. Harusnya tidak.

    2. Ass.saya ridwan gunawan dr pt.mas finance cab.fif group.insallh saya bisa bantu dengan pa yg jd masalah.

    • Badius on July 16, 2017 at 10:37
    • Reply

    Bos saya dlu ambil motor dan handphone kredit waktu itu sy kerj lalu d liburkan dlm waktu 2 bulan otomatis sy blom vs byr angsuran lalu sy pindah kerja dan lgsg sy lunasin semua dan skrg d bi checking muncul nama sy,sy pangkuan apapun sulit gmn cara menghilangkan bintik checkingnya,apakah sy bs ngjukan lg

    1. bisa ini caranya

    • rahul on July 12, 2017 at 21:30
    • Reply

    malam gan , mau nanya. saya ada kredit motor di fif ,jatuh tempo pembayarannya setiap tanggal 5. sekarang sudah angsuran ke 11. namun untuk bulan ini belum bisa saya bayar karena masalah keuangan padahal sudah tanggal 12. kalau sekarang saya mengajukan kredit ke bank apakah kena bi ceking ?

    1. sepertinya tidak kena.

    • fahmi on July 9, 2017 at 19:21
    • Reply

    mas saya mau tanya
    saya kan kredit motor di adira nah kalo mau balikin motor ke leasing sebelum ditarik debt collector karena sudah tidak bisa melanjutkannya apakah kena bi checking dan kedepannya apakah sudah bisa mengajukan kredit di leasing apapun?
    terus apakah hutang jadi otomatis lunas dan tidak ada biaya-biaya yang saya harus keluarkan kembali?

    1. dalam hal ini harus di cek dulu di perjanjiannya dengan leasing dan kalau memang ada pasal atau kata2 yang mengatakan jika motor di tarik lunas berarti aman dan tidak akan kena bi checking, ada juga beberapa perjanjian yg sebaliknya.

    • fifi rahmansyah on July 8, 2017 at 22:26
    • Reply

    Suami 2 hr yllu dpt sms dr no pribadi petugas k kredit BNI klo suami ada tunggakan K kredit 1,7 jt. Suami tdk merasa pakai stlh memberikan kuasa ke card center Semarang u menyelesaikan k kredit dg mendebet rekg gaji saat terima bonus (suami msh sbg peg BNI). Dan itu dilakukan blm suami resign dr BNI (okt 2015).
    Saat ini suami sedang menuntut BNI atas kasus pemblokiran ( tgl 6 juli sidang sdh di sesi tanggapan BNI atas pembelaan suami/pengacra ato sdh mau sesi pembuktian tp krn BNI blm siap jd ditunda minggu dpn tgl 13.) Nah sms tag tunggakan tadi tgl 5 juli , klo mmg ada tunggakan knp baru muncul pemberitahuan skrg artinya sdh lbh dr 1,5 th. Suami sdh tanya k kredit yg mana tp blm di bls. Nah bisakah suami nyari infontunggakan tsb di BI cheking hanya dr data pribadi? Krn sdh ngga pernah pake sdh lupa no atopun pin dll yg terkait k kredit. Posisi di jogja, repot kalo hrs ke gerai. Klo via online bisa ngga pake email org lain ato punya suami yg baru krn email yg dipake dulu adalah email peg BNI yg sdh lupa jg passwordnya.

    1. Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • Suki on July 7, 2017 at 14:54
    • Reply

    Om mau nanya…dulu kredit motor di baf 3x acc terus…tp skrg mau kredit motor honda pake lesing adira.fif.mega finance…kok ditolak ya…tlg pencerahanya om…trima kasih

    1. belum tentu ada tunggakan, mungkin ada syarat lain yang tidak lulus dan bisa di follow up ke leasingnya.
      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • agung on July 6, 2017 at 16:33
    • Reply

    gan, saya mau tanya, saya beli motor dan seharusnya sudah lunas di agustus 2016, dan sampai saat ini blm saya bayar ada 4 kali tunggakan, dan rencana saya mau tebus sekalian BPKBnya, jumlah 4 bulan total 3 jt, dan denda 160 rbu, dan yang bikin stres ada denda sebesar 12 jt, dan jujur saya tdk sanggup bayar, jika motor tersebut saya serahkan ke leasing, apakah saya kena BI Cheking, dan jika saya akan mengambil KPR rumah apakah bisa di ACC atau tidak, mohon pencerahanya,

    1. Kalau motor di tarik tidak kena blacklist.

    • NURHASANAH on July 5, 2017 at 11:11
    • Reply

    Ma’af mas tnya lg nih. Sy bc jg d web cara mengecek BI Checking, trnyta BI Checking kt akan terhapus sendiri prosesnya 24 bln dr peristiwa tunggakan IDHistoris, itu bnr atau tidak/otomatis akan terhapus sendiri jangka waktu 24 bln? jika bnr, apakah sy menunggu terhapus sendiri aj ya BI Checking yg terjadi pd ID Historis sy, krn sy agak sulit mengontak SOLITE nya (gk ada call centre keluhan pelanggannya),dn trjdi hal ini pd ID Historis sy d BI Checking bkn kesalahan sy blm melunasi ccilan kredit(sdh LUNAS pd bln maret thn 2015). skrng sy jd mengerti dn menyesal mengambil kredit elektronik seperti itu(bsok” gk mau lg kredit elektronik) jd bikin sulit pnjmn ke BANK.

    1. Ada beberapa orang disini yg sudah lebih dari 2 thn masih belum terhapus, semoga informasi ini membantu, sedikit saran carilah kredit yang syar’i dan tidak riba.

    2. Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • NURHASANAH on July 2, 2017 at 09:34
    • Reply

    Ma’af ymbung lg nih. barusan sy sdh cb cari call centre kantor SOLITE tp adanya cm no tlp kntor pusat+SOLITE ps. minggu tmpt dulu sy mngambil credit AC(tp sy tlp gk d angkt). dn kmrn tgl 27 sy jg sdh krm email formulir ke BI tntng informasi BI CHECKING (tp blm d bls). prtnyaan sy>>>benarkah langkah yg sy lakukan itu? ntk mngetahui HOME CREDIT BI Checking yg menjadikan suami sy tdk d Acc pnjmn uang d BANK. Krn km penasaran, bingung dn kesal(krn km gk pnya HOME CREDIT apapun)

    1. Mungkin sedang pada libur mudik lebaran, belum pada masuk kantor, masih pada cuti, harap bersabar, langkah apapun benar selama melakukan sesuai prosedur, ditunggu saja dulu dan dicoba telp lagi.

    • NURHASANAH on June 28, 2017 at 08:12
    • Reply

    Saya mau tanya. suami saya kemarin pinjam uang di BANK yg bekerja sama dngn perusahaan yg suami sy bekerja. tapi tidak d Acc krn sy istrinya mempunyai BI Checking d Home Creadit, km bingung krn kami saat ini tdk ada pengambilan kredit apapun, terkecuali sy(istri) ada peminjaman d Pengggadaian, tp….sdh sy tnyakan langsung ke Penggadaian adakah hubungannya dngn BI Checking untk peminjaman uang d BANK(jwbn dr Penggadaian tdk berhubungan dngn BI CHECKING).Dulu thn 2015 s/d januari 2016 sy(istri) prnh mngambil AC cicil 18x d SOLITE pembayaran rutin hnya saja pd pmbyrn cicilan ke 15 sempat tertunda krn sy pindah rmh, hnya terkendala bbrp hari sj krn kolektor SOLITE agak susah mncari alamat rmh baru sy/tp akhirnya kolektor SOLITE menemukan jg almt rmh baru sy, dn sy mmbayar cicilan ke15+bunga(pdhl itu kesalahan keterlambatan kolektor SOLITE mencari almt rmh baru sy). Dan krn kolektor SOLITE merasa alamat rmh baru sy ckup jauh(kolektor Solite mmnta sy byr via trnsfr ke rek pribadinya/ada bukti kwitansi SOLITE yg d krmkn ke sy via bbm WA(Sy byr ccilan SOLITE via trnfr ke rek pribadi kolektor SOLITE 3x/dr ccilan ke16 s/d ccilan ke18 LUNAS). Yg sy tnyakan:apakah krn ccil AC d SOLITE itu yg skrng mnjdkn suami sy tdk d Acc pnjmn uang d BANK? km bingung BI Checking Home Credit apa yg mnjdkn pnjmn d Bank tdk d Acc, pdhl km tdk prnh lg kredit apapun

    1. Kalau menurut saya kemungkinan bisa terjadi dari cicilan AC solite yang belum tuntas, ini baru kemungkinan lho ya, coba hubungi datang langsung ke tempat SOLITE nya dan minta konfirmasi apakah ada tunggakan dan masalah lain2, dan kalau bisa di tuntaskan, karena BI akan terus menolak, oh iya kalau bisa jangan bertemu dengan kolektornya, kalau bisa atasannya atau managernya.

    • dewa on June 24, 2017 at 18:11
    • Reply

    bos saya mau tanya waktu ini saya kredit motor nah kok baru telat sebulan motor saya ditarik y
    apah saya kena blacklis bos tolong infona

    1. motor ditarik belum tentu karena blacklist, blacklist itu sebelum di acc kredit motornya, coba kontak leasing dan dealer tempat ambil motornya.

    • imam on June 23, 2017 at 11:58
    • Reply

    bos mau taya ,,, gmna caraya mengetahui angsuran mobil beres apa engga di lising adira, soalya mau ada take overan biar via online .

    1. langsung ke adiranya tanya dan sampaikan akan take over, jangan lupa di penuhi semua prosesnya, saran saya gunakan yang tanpa RIBA.

    • Novitasari on June 23, 2017 at 05:37
    • Reply

    Mohon maaf bisa bantu saya untuk pengecekan no kontrak motor, karena hilang saya ingin melunasi pembayaran bpkb..

    1. Maaf ngga bisa

    • Tatang wahyudi on June 22, 2017 at 22:01
    • Reply

    Saya mau tanya ni om, ayah saya pernah kridit sepeda motor dengan atas nama ayah sya, di tahun 2013 ituh sisa angsuran tinggal
    Sembilan kali lagi, karna lagi gak punya duit dan lagi nganggur maka motor tersebut terpaksa harus di jual
    Nah sedangkan kalo saya kredit motor lagi dengan atas nama saya anak.y apakah akan di ACC

    1. Selama tidak ada tunggakan dan memenuhi persyaratan seharunya di ACC, sebaiknya cari yang jangan RIBA.

    • Viki on June 22, 2017 at 17:43
    • Reply

    Gan sy mau tanya. Sy kan lg kredit mobil seken sudah berjaln lancar 3 bulan, untuk masalh pembayaran tidak pernah nunggak atau telat, tetapi sy ingin mengembalikan mobil tersebut karena mobil banyak kendala, dan sekarang mobil pun ada kendala dan ingin sy kembalikan ke leasing, itu saya akan kena black list di bI checking atau tidak ya

    1. Tidak kena.

      • Juliuz on September 23, 2017 at 07:58
      • Reply

      Agan Viki apakah sudah bs dikembalikan mobil ke leasing? Saya ada case yg sama

    • del on June 22, 2017 at 07:08
    • Reply

    saya mau tanya Pak, suami dlu prnh pinjam ke bank dan macet pembayarannya, trus pernah ngmbil motor, macet lagi, dan diserahkan ke pihak leasing. Terakhir ngambil motor, akhirnya terlunasi angsuran, hanya saja denda yg belum dibayarkan sampai sekarang. Semua pengambilan atas nama suami, suatu hari saya mengambil kpr,dan tidak disetujui, padahal belum pernah memakai nama saya, apakah ini karena Kami satu KK?

    1. Jika macet pembayaran dan unit ditarik maka itu tidak di blacklist, jika tidak di setujui mungkin ada persyaratan lain yg membuat ke block, saat ini mulai banyak yg leasing menggunakan satu KK untuk blokir, juga pajak progresif menggunakan satu KK, coba di leasing lain yg kalau bisa syariah atau kalau bisa yg tanpa riba.

    • Ikayanuarti on June 20, 2017 at 22:13
    • Reply

    Assalamualaikum, mau tanya BPKB saya hilang, apakah bisa dicheck via internet statusnya ?? Kalau mungkin sdh digadaikan jaadi saya bisa tahu siapa yg ambil? Mohon solusi

    1. Wa’alaikumussalam
      Lapor ke kepolisian nanti akan di blokir bpkb nya dan kalau ada yg gadai tidak akan bisa.

    • ferry on June 18, 2017 at 02:26
    • Reply

    pa,saya pernah ngambil motor,terus motor saya hilang karena prosesnya berbelit2 dan saya di persulit jd saya ga urusin lg.apakah nama saya di bi jelek??setelah itu 4thn kemudian saya ambil mobil di acc mobil saya disetujui.yg saya mau tanyakan apakah leasing itu ad kerjasama dengan bi.terima kasih

    1. Kalau motor hilang kan ada asuransi, kemungkinan sdh di cover asuransi, jadi ngga kena blacklist, dan semua leasing dan lembaga lembaga yang berbau keuangan harus kerjasama dengan BI dan OJK.

    • Amal tawakal on June 15, 2017 at 19:25
    • Reply

    Om mau tanya om. Mohon maaf sebelumnya jika merepotkan.
    Begini ceritanya : pada tahun 2010 sy kredit notebook seharga 2,5jt kurang lebih via adira di jawa barat dan sisa angsurannya sekitar 5-7 lagi. Dipertengahan sy harus merantau ke Riau. Dan tak sy bayar lg sisa 5-7 kali bayarnya.
    Ditahun 2017 sy kredit lagi handphone seharga 3jtan kurang lebih di home credit di Riau gak ada masalah alias di acc.
    Ditahun yg sama istri sy mau pinjam dana ke bank Riau dengan anggunan SK pns. Di persyaratan itu harus ada data diri sy selaku suami si peminjam dana. Tidak di acc dengan alasan nama sy kena BI checking, dilihat di history katanya ada tunggakan sy pada tahun 2010 (kredit notebook). Dan bunganya terus berjalan sampai saat ini. Dan nominalnya sekarang yg harus di bayar melebihi harga laptop baru, padahalkan tagihan sy cuman tinggal 5-7 kali. Kalau di uangkan gak sampai 1jt sisa tunggakan yg harus sy bayar.
    Pertanyaan sy : kenapa pas kredit handphone pakai atas nama sy aman2 saja dan di acc?. Terus kenapa pas peminjaman dana atas nama istri sy tidak di acc padahalkan peminjam bukan atas nama sy tp atas nama istri, sy hanya selaku suami dari peminjam. Dan apakah ada keringanan jika sy ada itikad baik untuk menyelesaikan tunggakan?. Terusterang sy keberatan dengan jumlah yg harus di bayarkan.

    Terima kasih

    Regards
    AT

    1. pada saat kredit hp belum benar benar terdata di blacklist / masih offline pengecekannya, menurut saya kesalahan adalah pada tunggakan sisa angsurang kredit notebook, saat ini bi checking mengecek ke dalam 1 KK dan bisa juga mengecek ke 1 alamat tempat tinggal, jadi bila salah satu anggota kk / tempat tinggal ada yg di blacklist maka akan ditolak.

        • Amal tawakal on June 15, 2017 at 21:52
        • Reply

        Berarti harus di lunasi dulu ya om sisa tunggakannya?.

        1. Iya

    • yulaika on June 13, 2017 at 21:40
    • Reply

    Gan nanya nih… Saya pernah ambil pinjaman di BRI, Pertama ambil pinjaman lancar sampai 2tahun pelunasan. Saya ambil perpanjangan pinjaman lagi selama 2 tahun. Tahun ketiga lancar, tp pas masuk tahun ke empat usaha saya mulai sepi,dan pembayaran angsuran mulai sering telat bayarnya ga tepat tanggal, untuk telat sampai bulan hanya 2kali,lainnya hanya telat tanggal saja.. Dan sekarang udah saya lunasi walo masih kurang 6X angsuran.jadi sekarang sudah tidak ada tanggungan dengan pihak BRI. Nah dengan kondisi seperti itu apa nama saya juga masuk black list BI? Makasih.

    1. Prinsipnya kalau nunggak atau tidak bayar saja sekali itu baru di blacklist, kalau nunggak 1-2 bulan dan masih lanjut di cicil itu harusnya aman aman saja.

    • Ari on June 3, 2017 at 23:03
    • Reply

    Sy mau tny ini ada saudara pinjam nama ke temannya untuk pengambilan honda mobilio. Akan tetapi saudara sy meninggal dunia sedangkan temannya yg selaku an. Stnk dan jg debitur berpindah alamat. Bagaimana cara melunasi sisa hutang dan pengambilan bpkbnya. Dan jg bagaimana cara mengetahui memakai leasing yg digunakan

    1. Datang ke leasing, ceritakan kasusnya, siapkan data2 Almarhum dan tanyakan data temannya yg berpindah alamat ke leasing, nanti harus di rubah data data dari leasing.

    • reni on June 2, 2017 at 11:46
    • Reply

    Saya pernah mau mengambil motor lewat baf, sudah di acc, tapi saat itu saya ada urusan mendadak, , belum memberi DP motor, dan motor blm turun, saya cancel, diblacklist gak sih di baf?

      • reni on June 2, 2017 at 11:47
      • Reply

      Saya pernah mau mengambil motor lewat baf, sudah di acc, tapi saat itu saya ada urusan mendadak, , belum memberi DP motor, dan motor blm turun, saya cancel, diblacklist gak sih di baf?

      1. maaf saya kurang tahu.

    • Meme on May 29, 2017 at 12:33
    • Reply

    Maaf sy mau tnya dl sy prnah kredit hp di adira quantum multifinance tp skrg udh tutup dan tanggungan sy msih ada apa sy di blacklist ?

    1. kalau lunas tidak blacklist, kalau hp di tarik adira ngga black list, kalau hp ngga di tarik harusnya black list, kecuali adira tidak melaportkan ke BI.

    • Erni novita on May 14, 2017 at 11:31
    • Reply

    Maaf mas bsa cek data saya nama herison
    No nik 1707012007790001
    Ttl palembang 20 07 1979

    1. Maaf ngga bisa.

    • Nurdin on May 5, 2017 at 14:43
    • Reply

    Maaf mas/mba
    5 thn lalu saya kredit di wom dan sudah lunas hampir 2 tahun lalu, ada denda 900 000 tapi sudah dilunasi.
    Hari ini saya mau mengajukan kredit lagi tp lewat MUF tapi tidak di ACC karena saya terdaftar di BLACK LIS WOM. apakah mungkin seperti itu

    1. Mungkin bisa saja belum di clear listnya.

        • Nurdin on May 5, 2017 at 18:24
        • Reply

        Lalu clear listnya ke wom ap ke BI harusnya
        Kira2 bisa di selesaikan satu hari tidak yah

        1. Cek keduanya.

        • nurdin on May 5, 2017 at 22:34
        • Reply

        tapi kemarin saya ngajuin homekredit di acc…

        1. Berarti tidak di blacklist atau tidak di check apakah masuk blacklist

    • sukrianto on May 5, 2017 at 14:31
    • Reply

    kenapa nama saya tetap muncul di adira pinance padahal motor yang pernah saya kredit/cicilan sudah din tarek dari pihak adira 4 tahun lalu,, dan setelah saya menghadap ke kantor adira kenapa tetap saya di suruh melunasi tunggakan itu,, dan yang saya pikir berarti pihakl adira tidak sesuai aturan yang dia lakukan bahkan saya di tutntut untuk melunasi utang itu padahal, motor sudah di tarik beberapa tahun yang lalu… dan saya mau membersihkan nama say di pihak adira….. tolong di bantu

    1. Mohon maaf saya tidak bisa bantu, yang pasti kalau motor sudah ditarik mungkin ada uang uang administrasi dan denda denda yang nilainya di luar motor dan harus di lunasi, sekali lagi ini asumsi saya saja.
      thanks.

    • udin miftahudin on May 5, 2017 at 13:25
    • Reply

    Ass…mf sy mau tanya.kira kira pada tahun 2008 sy pernah mengambil spd motor dri FIF.selang Kurang lebih 6 bulan motornya sy kembalikan ke FIF.karena usaha sy kolep..apakah sy kena black list.

    1. Tidak, karena motor sdh di tarik leasing.

    • toni on May 2, 2017 at 10:55
    • Reply

    bang mau nanya,, saya pernah ambil motor di adira finance,, motornya diterusin ditengah jalan sama sodara, tapi namanya nama saya.. ternyata motor macet dan ditarik leasing ..itu kira2 saya terkena blacklist g ya bang ? mohon info nya bang

    1. Kalau di tarik leasing ngga kena blacklist tapi masuk daftar bermasalah, ketika di tarik leasing dianggap impas.

    • Hendra TM on April 28, 2017 at 11:31
    • Reply

    mas Saya mau tanya

    Bagaimana Saya bisa tahu dari bank mana saya terkenal BI Checking, Mohon Infonya

    1. Harus cek di BI nya nanti bisa tahu hutang yg belum lunas yang harus di bayar kemananya.

      • Nina on May 1, 2017 at 22:03
      • Reply

      Minta saja di bank indonesia lewat web nya nanti semua hutang dan tunggakan akan muncul jelas dimana dan detail. Skrg colek 2 saja dalam perhatian khusus jgn sampai colec 5 tidak akan ada bank yg mau lg utk approved pinjaman. Semoga bermanfaat

    • Lusy on April 26, 2017 at 19:29
    • Reply

    Saya dulu pernah ambil mesin cuci di adira,,tggal 2 bulan lagi saya ga pernah bayar karna no kontrak hilang,,,,skrg saya mau ambil kpr,,ktanya kena coll 5,,trs gmna solusi nya min,,,apa stelah dilunasi jdi bisa atau ttp gbsa ambil kpr,,,ambil kpr nua oake nama swami saya,tp stelah cek bi pndamping coll 5,,,apa kalau udah gtuh jd gbsa ambil kpr?
    Minta solusinya…
    Oiah satu lagi,,cara tau no kontrak gmna yaa

    1. Untuk hal ini harus di diskusikan langsung ke pemberi pinjaman, dan minta solusinya dari mereka.
      Maaf cuma bisa bantu segini.

    • Riski on April 21, 2017 at 16:03
    • Reply

    Maaf mas mau tanya , 4 th yg lalu sya pernah ajukan di home credit ttpi di pertengahan sya tdk pernah bayar sampai sekrng.. krna no kontrak hilang,
    Tetapi 2 tahun lalu saya ajukan gadai BPKB di adira tetapi di acc , dan ajukan kredit hp di acc terus, sampai sekrng sdh lunas, sekrng saya mau ajukan kpr , apakah status saya di BI masuk daftar hitam disaat sy tdk melunasi di home credit??
    Mohon arahannya

    1. Harusnya sih iya, cuma ya harus di cek lebih lanjut ke BI, untuk kontrak hilang mungkin home credit di cancel sehingga tidak masuk blacklist, tapi ya itu untuk lebih yakin lagi di cek ke BI.

    • emi on April 19, 2017 at 22:42
    • Reply

    Suami saya punya tunggakan di bank..otomatis masuk ke blackis
    tpi knp dy bisa ngambil motor dngan nama dy sndiri.itu gmn apa kah dy ada dalam daftar blackist atau tidak

    1. Punya tunggakan belum tentu menjamin masuk blacklist.

    • raffic on April 17, 2017 at 21:30
    • Reply

    Mas saya boleh minta no depkolektor oto yang berada disurabaya kediri kah…saya mau melaporkan aksi penggelapan motor kreditan..yg kredit dengan oto finance

    1. Maaf saya tidak punya nomornya.
      Thanks.

    • ilyas on April 17, 2017 at 10:13
    • Reply

    Bos saya mau tanyak,
    Dulu Saya punyak cicilan spd motor tp nunggak berapa blan dan sudah saya lubasi semua tp sekarang saya mau pengajuan KPR ditolak caranya gmn ya bos.

    1. Ditolaknya karena apa dulu, belum tentu karena black list bisa jadi kurang persyaratan atau tidak sesuai peraturan peraturan.

    • hudayani on April 11, 2017 at 03:42
    • Reply

    saya punya motor, akan tetapi BPKB kendaraan bermotor saya hilang. saya sudah mencari BPKB tersebut n belum menemukan keberadaanya.. perkiraan saya, ada yang menggadaikan BPKB tersebut ke Bank. yang jadi pertanyaan saya, apakah nomer BPKB bisa di cek di BI apabila BPKB tersebut dalam agunan Bank

      • hudayani on April 11, 2017 at 03:45
      • Reply

      saya mau bertanya, apakah bisa cek nomor kendaraan atau BPKB dalam agunan Bank, yang dimana alamat Bank tersebut bisa diketahui keberadaanya

      1. Mohon maaf saya belum tahu untuk hal tsb, paling tidak bisa langsung tanya ke BI.

    • Dewi lestari ayu on March 25, 2017 at 10:49
    • Reply

    Maaf saya mau tanya , beberapa waktu yang lalu saya sempat mau kredir motor , dan pihak lesing sudah memproses dan mensurvey , tetapi ternyata dia menolak karena alasan kalau orangtua saya pernah kredit motor 2x tapi ditarik sama pihak lesing . Padahal kami kredit motor 2x itu kami lunasi dua duanya . Kemudian berkas saya dilempar lagi kelesing yang lain dan jawabannya sama, jadi saya gakbisa ambil motor dengan dp yg jumblahnya terbilang murah , saya disuruh bayar dimuka 3x angsuran . Akhirnya say saya melakukan pembatalan karna saya rasa itu cukup rumit . Kemudian seles dealer tersebut menawarkan lagi kesaya untuk menggunakan lesing yg lain yg dulu orangtua saya pernah kredit pake lesing itu . Menurut anda ini bagaimana ? Yg saya bingungkan kamu tidak pernah mengembalikan kreditan motor keleasing ataupun sebaliknya pihak lesing yg menarik unit kita .

    1. Menurut saya kita check sendiri langsung ke BI sesuai isi blog ini

    • ayi bogor on March 16, 2017 at 22:27
    • Reply

    Saya kredit mobil th 2013 selama 3 th berakhir januari 2016… bulan maret 2017 dateng orang lessing ktnya sya kurang bayar 5 bln… mungkinkah kekurangan cicilan di minta setelah 1 th lunas.. dia bilang dr kantor pusat masih kurang bayar… apa mungkin data kantor pusat dan cabang berbeda

    1. Kalau terjadi perbedaan data antara cabang dan pusat itu kesalahannya mereka, jujur jika kita sdh bayar lunas dan jika ada tanda bukti lunas maka jangan mau diminta bayar lagi.

    • Adrian on March 16, 2017 at 19:40
    • Reply

    Selamat malam. Mau tanya. Gimana ya cara pelunasan kredit elektronik (laptop) . Bbrp tahun lalu orang tua sy kredit laptop. Trs pada bulan terakhir lupa membayar akibat nomor kontrak atau resi hilang
    Setelah brp tahun lewat orang tua sy mau mengambil kredit. Namun tdk bisa karena nama orang tua sy sdh di blacklist pada bank danamon. Ketika mau melunasi di bank danamon. Bank meminta nomor kontrak atau resi. Sedangkan nomornya sudah hila ng
    Sy sdh menghubungi pihak adira namun mereka bilang nama orang tua sy tidak terdaftar di dalam sistem. Mohon bantuannya

    1. Telusuri lewat pegawai yg memberi pinjaman waktu dulu, kalau ngga ada juga minta adira bantu urus ke danamon untuk melunasinya.

        • nurlia on March 17, 2017 at 03:39
        • Reply

        slmt mlm mas saya mau tny mas dl suami saya prnh ngmbil mtr n mtrny hilang tp qt sdh but laporan k dealerny, tp skrg kami mau ngajuin pnjmn kpr ktny nama kami msuk dlm dftr black list collect 5 lg mas. ap kh bs pnybabny gr2 mtr yg hlg td mas???

        1. Kemungkinan gara gara itu bisa, tapi harus minta penjelasan ke mereka blacklistnya mulai kapan dan minta cara menyelesaikannya bgmn.

    • Yulie on March 5, 2017 at 15:02
    • Reply

    Pak saya ingin minta tlg email kan perjanjian kontrak cicilan mobil pick up bs gak ya

    1. waduh saya ngga tahu ttg kontrak anda.

    • Aa on February 9, 2017 at 23:41
    • Reply

    Mas mau tanyan, kalau saya ajukan cicil mobil dengan dp dan cicilan A tetapi ketika di acc minta dp dan cicilan B lalu saya minta ganti leasing kan perubahan tersebut. Apakah saya kena blacklist karna pindah leasing ketika sudah di acc?

    1. ngga.

    • maylani manalu on February 8, 2017 at 13:13
    • Reply

    1. saya mempunyai cicilan motor dan pembayarannya lewat jatuh tempo apakah saya diblacklist bank?
    2. saya mempunyai cicilan kartu kredit bank mega dan pembayarannya selalu tepat waktu sehari sebelum jatuh tempo apakah saya diblacklist bank?

    1. Harus di cek dulu, belum tentu langsung di blacklist untuk no.1 dan untuk no.2 sudah pasti tidak di blacklist.

    • Andaq on December 27, 2016 at 13:28
    • Reply

    Permisi om

    Saya ada tunggakan di adira dan sdah di lunaskan.
    Tpi pengajuan KTA saya tetp di tolak.
    Bukti pelunasan sudah saya lampirkan di syarat berkas.

    Mohon pencerahan nya om

    1. ditanya aja kenapa ditolak, anda punya hak bertanya.

        • Andaq on December 27, 2016 at 14:21
        • Reply

        Alasan pihak bank menunggu pemulihan nama dri bi checking.

        1. Berarti harus di urus pemulihannya biar cepat kalau ngga mau urus ya harus nunggu.

            • Andaq on December 27, 2016 at 14:58
            • Reply

            Uda saya urus smua pelunasan nya om.
            Tpi pemulihan nama saya blum ada kabar nya.
            Brpa lama ya om pemulihan nama dri BI?

            1. waduh maaf saya kurang tahu, biasanya paling lama 3 bulan.

    • Rian on December 22, 2016 at 16:40
    • Reply

    sekitar 2-3 tahun yg lalu saya mengambil barang di adira finance tapi yg mengambil barang tersebut kaka saya.. Dan kaka pakai nama saya di adira finance.. Emangbkurang lancar kaka saya bayar nya. Dan sesudah itu pelunasan..dan ketika saya mau mengajukan cc dan kta saya agak sulit acc nya. Apakah nama saya masih bi checking jelek atau di blacklist??? Mhon bantuannya

    1. Kalau sudah lunas tidak ada di blacklist, kalau sulit acc itu hal lain, bukan karena black list.

    • Heksa on December 17, 2016 at 21:34
    • Reply

    Maaf mas,saya pernah kredit motor dan sudah lunas,kemaren juga ada beberapa bulan penunggakan,tapi semua denda sudah saya lunasi.saya kemarin ngajukan kartu kredit katanya nama sy dalam daftar blacklist,berapa lama yaa kira2 nama saya pulih?

    1. Coba ikutin aja di bagian akhir blog untuk memulihkan black listnya.

    • anggita on December 16, 2016 at 17:21
    • Reply

    Mas mau nanya klo masih punya tunggakan di adira 1angsuran trus mau pengajuan kta dibank danamon bisa ga ya….
    Tpi sbelumnya 5 blan yg lalu saya pnya call 2 dibri tpi 5 bla yg lalu sdah sya lunasi.blacklist ga ya….tq

    1. Selama masih bayar ngga akan black list.

    • hadi on December 13, 2016 at 03:07
    • Reply

    Permisi
    Saya mau tanya saya punya pinjaman di adira seandainya saya tidak sanggup bayar jadi motor saya pulangkan langsung,apakah saya terkena bi checking

    1. Tidak Pak.

      Big Thanks.

        • epih hermawan on December 28, 2016 at 19:05
        • Reply

        Maf sya mu tanya beberapa tahun lalu sya kredit mtr,tp ga sya trsn,dan mtrnya d tarik leasing,kr2 sya kena blacklist pa ga ya ?

        1. ngga kena.

    • ANDI PURNOMO on December 4, 2016 at 18:31
    • Reply

    Mas,saya mau tanya..saya pernah ada masalah sm mobil sampai mobil di tarik sama Lesing trs saya dpt surat tarikannya…apakah saya kena blacklist,trs saya mau kredit motor…kira2 di ACC apa gak mas.

    1. Harusnya kalau sdh di tarik leasing maka tidak masuk blacklist, untuk kredit motor di coba saja, tapi kalau boleh saran mending tidak usah kredit motor, di simpan sampai bisa beli cash keras.

    • erwin on November 23, 2016 at 22:20
    • Reply

    Mas qu mau nanxa nih..dulu sy prnh kredit TV di salah satu finance tp udh lama gak ada tagihan pdhl belum lunas…gmna apa masuk bleklist

    1. harus di cek di BI untuk hal ini.

    • mhd. rohban on November 7, 2016 at 11:07
    • Reply

    MAS.. SAYA MENGALAMI masalah .. padahal nuggak cuman 72 hari.. itu pun gak berturut2 dan akhirnya saya tututp.. pi setelah permohonan lagi saya tidak bisa.. alasan nama buruk.. bagai mana biar saya bisa mohon lagi..

      • mhd. rohban on November 7, 2016 at 11:11
      • Reply

      mas .. saya ada masalah .. padahal saya udah melunasi .. dan ada tunggakan selama 72 hari.. setelah saya mohon lagi tidak bisa .. karna nama rusak.. padal uadah saya byar lunas semua pi gk di kasih2. gmna solusinya biar saya bisa minjam lagi??

    • dafi on September 6, 2016 at 16:37
    • Reply

    Mas sya mau tnya …saya kan mau kredit hp …persyartan lengkap tpi nggk d cc..perasaan saya nggk pernah krredit apapun…tpii saya tanya sma petugas conternya nma saya mungkin kena blacklist..saa mau tanya gmna cek nama kalo nama d blacklist sama Bi…mohon bantuanya mas…penasaran saya dan binggung

    1. mungkin ngga di baca sampai habis ya?, dibawah ada tuh cara ngecek sendiri, tinggal klik linknya.

    • tyson on August 19, 2016 at 13:00
    • Reply

    Mas saya mau tau cara ngecek bpkb kendaraan sy di leasing atau tidak y gimana?

    1. Biasanya ada di surat perjanjian / tanya dan datang langsung ke leasingnya.

    • Isa maulana on August 2, 2016 at 17:30
    • Reply

    Saya punya cc masuk kol 2 bi checking tp tetep sy bayar tidak pernah sampe 3 bln apakah saya bisa ajukan pinjaman dengan system payroll

    1. kurang tau juga, dan kurang paham dari seluruh pertanyaannya.

    • Robby on July 29, 2016 at 15:53
    • Reply

    Mas klo cicilan sepeda motor sering terlambat 5/10 hari setelah jatuh tempo baru dibayar gimana mas ken blacklist atau tidak?? Trus untuk mulihkannya gimana?

    1. ngga kena.

    • morraa on July 8, 2016 at 10:40
    • Reply

    brapa lama msa aktif bi chcking kalo seandaynya nama kita kna blacklist

    • ALAL huda on June 29, 2016 at 19:49
    • Reply

    Mas q mau tanyakan.PD tan 2013 nama saya punah di pakai pinjam bank sama teman sebesar 5jt selama 1thn setaun saya baru di byar 3x seterusnya nya saya g tau krn q memantau selama 3thn dan sekarang saya mau ambil kredit di tolak krn nama saya masuk daftar hitam Bi gi mana cara nya mau menghapus daftar hitam

    1. Diselesaikan dulu biar hilang dari daftar hitam, caranya ada di blog, coba di baca lebih teliti lagi.

    • Fathan on June 26, 2016 at 14:38
    • Reply

    Mas saya mau nanya saya mw ngajuin KPR tp gaji saya dipayrol n saya mempunyai pinjaman di bri trus klo dihiyg ung2 sisa gaji saya cmn 900rb sedangkan iuran kpr saya 750rb …saya bingung mas…itu bakal ngelink y klo diperiksa dan saya mu nanya apakah pengajuan daya bakal di acc…

    1. Iya bakal ketahuan, mengenai acc kemungkinan sulit.

    • Fauzullah on June 11, 2016 at 22:48
    • Reply

    Saya mau cek bi cheking dan appi secara online carax gmn ya??

    1. Minta ke BI langsung

    • Tutik on May 23, 2016 at 15:04
    • Reply

    Saya belum pernah minjam ke bank,tapi kemarin saya mengajukan kredit sepeda motor,katanya saya punya hutang di APPI(assosiasi perusahaan pembiyaan indonesia) mohon petunjuknya gmn cara ngecek nya,,,,

    • Intan on April 29, 2016 at 21:31
    • Reply

    saya pernah pinjam di BRI.. dan sudah lunas.. tapi mau pinjam lagi alasanya BI cheking… padahal uda lunas satu tahun yang lalu.. mohon saranya

    1. BI Checking artinya sdg pengecekan, di tanya saja ke petugasnya sdh sampai mana prosesnya.

      • wastipule on August 27, 2016 at 09:35
      • Reply

      kalau ingin mengambil bank lg target 2 sampai 4 tahun kecuali kamu buat ktp baru nama baru dan alamat baru

        • wastipule on August 27, 2016 at 09:38
        • Reply

        belum bisa kalau blackklist target di bank 2 samapi 4 tahun pemulihan kecuali anda buat ktp baru dgn nama baru alamat baru bisa

    • muhtarom on April 20, 2016 at 22:00
    • Reply

    Saya pernah mengajukn kredit motor bisa d acc tp harus tambah dp lg otomatis saya ndak stuju trus saya mau mengajukan kredit baru tp kok ndak bisa semua , kenapa ya gan? Tlong d bantu, maksih

    1. wah saya juga kurang tahu, mungkin masih ada cicilan yg menunggak?

  3. Nice info gan, sangat berguna sekali. Kunjungi juga http://www.bhayongbhong.blogspot.com

    • mita on January 25, 2016 at 15:16
    • Reply

    Klw pegadain ngelink ga sama bi

    1. Harusnya iya.

  4. mas saya mau nanya,matan suami saya kan keredit motor pakai nama saya terus dendanya belum di lunasi,saya tidak bisa keredit hp karena itu,bagaimana cara saya agar bisa keredit hp secepatnya????

    1. selama kredit di bank tdk bisa kecuali dilunasi.

  5. mas kok sekarang agak susah ngambil….cicilan credoet sepeda motor>….

    1. waduh aku kurang paham kalau soal itu.

  6. Saya dl pernah pake kartu kredit GE, sekitar tahun 2005 sdh saya lunasi melalui DC tp skrg saya akan pengajuan KPR ternyata saya dpt blacklist BI. Bagaimana cara pembersihan diri krna stlh saya telusuri GE sdh tdk ada dan bukti pelunasan KK GE saya jg sdh hilang krn itu sdh lama skali. Mohon infonya. Mksh

    • may on December 24, 2014 at 21:00
    • Reply

    Apakah BI cheking bisa memberikan data kepada individu bukan instansi mengenai jumlah tabungan atau deposito atau apapun tentang transaksi perbankan seseorang tanpa sepengetahuan orang yg bersangkutan untuk kepentingan tertentu

    1. Maaf saya ngga tahu.

    • may on December 23, 2014 at 16:57
    • Reply

    Saya mau tanya apakah uang tabungan atau deposito yang kita miliki di salah satu bank bisa terlihat berapa besar dana yg di miliki oleh BI cheking

    1. Ya Bisa.

    • muslim on November 19, 2014 at 11:34
    • Reply

    apakah lembga pembiayaan motor seperti leasing masuk kategoti bank?

    1. Saya tidak tahu, tapi selama bisa meminjamkan uang maka lembaga tersebut tergolong mirip bank.

  7. saya punya tunggakan di leasing , apakah itu juga dimasuk kan ke blacklist bank indoneisa ?

    1. Ya masuk ke dalam blacklist BI bila dilaporkan oleh leasingnya.

  8. Saya Punya Utang Ke Koprasi Apakah Masuk Ke daftar Blacklist BI

    1. Selama dana Koperasi berasal dari Bank Indonesia maka akan masuk ke Blacklist.
      Big Thanks.

    2. Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/tampilan/Contents/Default.aspx

      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • Sandi on April 3, 2014 at 22:20
    • Reply

    cc saya sudah3 bln nunggak, yg mau sy tanya apakah ada limit waktu tunggakan sebelum data kita masuk BI Checking? CC sy mega. Thanks..

    1. Mengenai limit waktu tunggakan saya kurang tahu, biasanya sih ada masanya sebelum masuk ke dalam daftar blacklist.

    2. Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/tampilan/Contents/Default.aspx

      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • mukhamad afan on September 22, 2013 at 12:19
    • Reply

    Saya perna kredit sepeda di F.I.F tp itu sudah 2tahun yg lalu lunas, apakah BI checking masih kelihatan(merah)/blacklist.

    1. harusnya tidak masuk blacklist.

    2. Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/tampilan/Contents/Default.aspx

      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

      • i wayan asmaradana on May 8, 2017 at 05:33
      • Reply

      Mau tanya mas giman cara mengecek tunggakan lewat online.

      1. Kayaknya untuk umum belum bisa cek online, tapi untuk Leasing, Bank dan OJK bisa cek online.

      2. Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • youlis on August 29, 2013 at 22:54
    • Reply

    dulu saya nasabah kartu kredit anz pembayaran saya sering telat tapi sudah hampir 1 tahun saya sudah melunasi tagihan kartu kredit saya & menutup kartu kredit saya yg saya mau tanyakan apakah saya memiliki daftar blacklis

    1. Apabila sudah dilunasi tagihan di bank anz perlu di cek dulu di bank tersebut apakah sudah benar2 lunas, dan bila sudah maka sudah tidak termasuk ke dalam daftar blacklist.
      cara mudah mengetahui di blacklist atau tidak yaitu bila kita mengajukan pembuatan kartu kredit ataupun kredit di bank2 lain maka akan di tolak, selama kita belum melunasi tagihan yg sudah jatuh tempo berlarut2.
      beberapa bank bank juga tidak langsung mem blacklist nasabahnya dan melaporkan ke BI, karena ada proses tertentu dari BI untuk mem-blacklist seseorang ataupun perusahaan dan sebagainya.
      Thanks.

    2. Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/tampilan/Contents/Default.aspx

      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

    • shinta mega sari on April 11, 2013 at 14:14
    • Reply

    saya pernah menjadi nasabah citybank, 3thn lalu sy telah menyelesaikan tagihan oleh depkolektor yg datang ke rmh sy. setelah 3thn berlangsung pihak citybank tiba2pihak depkolektor menagih ke rmh saudara sy krn d rmh sy tdk ada org. dan akhirnya sy konfirmasi dgn pihak citybank ternyatasudah 2tahun blakangan ini pihak citybank tdk menggunakan org lapangan lg.ternyata tagihan sy blm selesai.. uang sy yg 3tahun lalu hilang d bawa sm depkolektor tsb dan akhirnya sy harus byr lg card kreditnya. dan telah sy lunasi saya pun sudah memegang surat lunas. yg mau sy tanyakan apakah sy termaksut black list bank indonesia? trims

    1. Apabila tidak dilunasi maka akan masuk ke daftar Blacklist, tetapi bila sudah dilunasi maka tidak akan masuk daftar Blacklist, itu yang saya tahu.

    2. Contoh data atau Report IDI Historis Anda silahkan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/tampilan/Contents/Default.aspx

      Bila Anda ingin mengecek status anda sendiri maka silahkan daftar dan klik link http://www.bi.go.id/id/perbankan/biro-informasi-kredit/permintaan-idi-historis/formulir

Leave a Reply

Your email address will not be published.