«

»

Mar 08 2014

Print this Post

Cara mengecek daya / watt listrik yang terpasang di rumah kita

Apa kepanjangan dan fungsi dari MCB, kepanjangannya yaitu Miniature Circuit Breaker, fungsinya Mengamankan, membatasi serta memutuskan listrik di dalam rumah bila kelebihan beban, terjadi korsleting dan lain2. Listrik dari PLN yang masuk ke MCB memiliki daya yg besar dan ketika masuk ke dalam MCB akan di batasi sesuai dengan ukuran daya MCB tersebut

Bagaimana cara mengecek daya / watt listrik yang terpasang di rumah kita, caranya adalah lihat saklar listrik dari PLN yg terpasang di luar rumah kita

MCB PLN di luar rumah

 

Lihat yang di highlight hijau CL6 = 6A (Ampere)

Lihat yang di highlight kuning 230/400V 50Hz = 220V (Volt)

Rumus menghitung Watt / daya listrik rumah adalah Ampere x Volt jadi perhitungannya 6A X 220V = 1320 VA
Jadi daya listrik yg terpasang di rumah adalah 1300 (pembulatan dalam menyebut biar mudah).
jika di rumah anda CL10 = 10 Ampere, jika CL4 = 4 Ampere, maka tinggal di kalikan 220 / 230V hasilnya adalah daya listrik yang terpasang.

Angka “6000” menunjukkan rated breaking capacity MCB, yaitu kemampuan kerja MCB masih baik sampai arus maksimal 6000A, yang biasanya terjadi saat hubung singkat arus listrik. Dimana diatas angka ini MCB akan berpotensi rusak. Dan angka “3” adalah I2t classification, yaitu karakteristik energi maksimum dari arus listrik yang dapat melalui MCB.

 

Sebelah kiri ada angka 1 dan 2

Ini adalah simbol dari fungsi MCB sebagai proteksi beban penuh dan hubung singkat. Bila ada dua simbol berdampingan, maka MCB-nya adalah 2 poles. Yang umum dipakai di perumahan adalah tipe MCB 1 pole, yaitu hanya kabel phase saja yang diproteksi.

 

Tambahan Perhitungan Tarif Listrik :

A. Daya listrik arus bolak balik sebenarnya ada 3 (tiga):

1. Daya Aktif = P, satuannya Watt, Daya yang dibayar Konsumen
Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Cos Ø (Cos Ø = 0,65~0,95)
Adalah daya yang sebanarnya dibutuhkan oleh beban, besarnya daya ini sangat dipengaruhi oleh efisiensi instalasi dan beban. Semakin banyak beban induksi yang tidak efisien maka semakin tinggi Daya Aktif ini. Con toh beban induksi adalah semua yang menggunakan kumparan (Pompa, Kulkas Freezer AC, Mesin Photo Copy, Mesin Bubut, Lampu TL, Peralatan Musik/Audio dll).
Peralatan ini ketika Start memerlukan daya listrik sesaat yang jauh lebih besar dari yang tertera di peralatan, dan ketika sudah beroperasi memerlukan daya listrik sekitar 10%-30% lebih besar dari data peralatan (name plate)-tergantung efisiensi. Mesin mesin seperti ini yang BISA dihemat dengan alat penghemat listrik.

2. Daya Nyata, = Q satuannya VA (Volt . Amper), Daya yang diberikan PLN
Rumusnya = Tegangan (Volt) x Arus (Amper)
Adalah daya yang diberikan PLN ke konsumen. Beban beban yang sifat dayanya nyata adalah semua peralatan yang menimbulkan energi panas (Resistif), antara lain: Setrika, Lampu Pijar, Rice Cooker, Solder, Pemanggang roti, Dispeser-Hot & Cold-, Magic Jar, dll. Peralatan ini ketika Start maupun beroperasi memerlukan daya listrik sesaat yang SAMA dengan yang tertera di peralatan.
Mesin mesin seperti ini yang TIDAK BISA dihemat dengan jenis apapun, karena sudut Tegangan dan Arus (Ø) = Nol derajat sehingga Cos Ø = 1.

3. Daya Semu / Daya Re-Aktif =S, satuannya VA R(Volt . Amper Reactive).
Untuk perumahan daya ini digratiskan oleh PLN
Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Sin Ø (Sin Ø = 0,65~0,95)
Adalah penyimpangan daya yang timbul akibat beban Induksi. Daya semu ini untuk konsumen perumahan oleh PLN digratiskan, tetapi untuk industri dikenakan denda jika melebihi nilai tertentu.
Mengapa ‘penghemat’ capasitor yang dijual di mall-mall itu tidak bisa menurunkan rekening listrik:
Karena Capasitor hanya memperkecil Daya Semu (kVAR), daya semu ini telah digratiskan oleh PLN (untuk konsumen perumahan).
Sedangkan yang dibayar konsumen perumahan adalah Daya Aktif (Watt), sehingga kalau dimasukkan rumus Daya Aktif : walau ‘amperenya kelihatan turun ’ tetapi Cos Ø pasti naik’, sehingga P (watt) akan tetap saja.

 

B. Hubungan Daya PLN dan Tarif / Rekening konsumen

1) Untuk konsumen perumahan, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen adalah Daya Aktif (Watt) yang diukur dengan satu buah alat ukur yaitu kWH meter (kilo Watt Hours Meter).

2) Untuk konsumen industri, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen ada dua tarif yaitu menggunakan kWH Meter untuk mengukur daya Aktif (Watt) dan menggunakan kVARh Meter untuk mengukur Daya Semu/Reaktif (V.A.R)

Tolong di share

Permanent link to this article: http://berilmu.com/blog/cara-mengecek-daya-watt-listrik-yang-terpasang-di-rumah-kita/

429 comments

Skip to comment form

  1. Naufal yova

    Gan,mau nanya,kira2 kalo daya nya 2500,ampere nya brapa yaa??

    1. Oos Depok

      ampere apanya ya?, daya 2500 itu satuannya Volt Ampere.

  2. Sardi

    Assalamualaikum.. Mau tanya nih gan,.. Perbedaan volt dengan volt ampere apa ya…? Dan tolong jelaskan pengertiannya masing”..soalx saya masih kurang ngerti…. Terima kasih

    1. Oos Depok

      Volt adalah satuan untuk tegangan sedangkan Volt Ampere adalah unit dari Daya (S) atau Perkalian antara Tegangan dengan Arus, kurang lebih spt itu.

  3. Rusli Al amri

    Assalamu’alaikum,
    Mas mau tanya dong, dirumah listrik awalnya pakai daya 450 karena gak kuat kalau nyalain jetpump 250watt (tarikan awal sampe 500watt) saya minta ke PLN untuk tambah daya jadi 900, di kWh udah ditempel stiker 900watt tetapi mcb gak diganti masih pakai yg 2amper dan masih sering turun kalau jetpump dinyalain beberapa menit padahal alat2 yg lain udah dicabutin, saya komplain ke PLN dan mcb diganti menjadi 4amper, tetapi sama saja gak ada perubahan masih sering turun,kira2 kenapa ya mas, bagaimana cara mastiin kalau daya listrik sudah ditambah menjadi 900watt, mohon solusinya ya mas
    Terima kasih

    1. Oos Depok

      Wa’alaikum salam, pembuktian daya bisa minta PLN untuk mengecek, telp ke 123 komplain nanti petugas yang mengecek datang, untuk pemasangan memang di pasang oleh vendor / kontraktor PLN bukan dari PLNnya langsung, saran saya telp ke 123 lalu sampaikan komplainnya dengan baik dan terurut.

  4. thati

    Assalamu alaikum mas, mau minta solusinya nih maaf klu agak melenceng dri post, gini mas sy beli rmh BTN dgn cra kredit tp udah setahun sy tunggu blum jg dipasangkan kwh,klu sy tanya ke pihak developernya ktanya sy sdh didaftrkn pemasangan di PLN, tp sy merasa curiga kalau pihak developernya tdk jujur, pertnyaan sy bagaimana cranya sy bisa cek klu sy sdh trdftar untuk pemasangan kwh,..sy ingin memastikn kecurigaan sy tdk benar..sy mhon solusinya mas…

    1. Oos Depok

      wa’alaikumussalam, mudah saja tinggal datang ke PLN beserta data data KTP, alamat rumah dan tanyakan ke bagian pendaftaran ceritakan semua kronologisnya dan tanya ke mereka kenapa belum di aktifkan.

  5. endah ratnasari

    assalamu’alaikum. min klau 2200 va brapa watt

    1. Oos Depok

      wa’alaikumussalam,
      2200VA itu sama dengan 2200 watt.

      1. shella

        selamat pagi mau tanya kira” 400 rbu itu brapa watt ya ?

        1. Oos Depok

          Kurang tahu juga, 400 ribu tinggal bagi tarif per kWh.

  6. Erik

    Min mau tanya 2200va sama dengan berapa kwh ya? Terimakasih

    1. Oos Depok

      Va= volt ampere sedangkan kwh = kilowatt hour itu satuan yg berbeda tidak bisa di sama dengankan.

  7. jei

    Malem om,
    mau nanya listrik di rumah 2200 VA, mcb luar cl10 and 230v, rencana mau pasang stabilizer.
    berapa VA yah om, 3000VA cukup ato 5000VA baiknya.
    sebelumnya terima kasih

    1. Oos Depok

      Met Pagi, Maaf kurang tahu.

  8. sadam

    min saya mau tanya. dirumah sy yang baru kan pakai listrik 1300 ..
    1. pemakaian AC = 2 (hidup kebanayakan malam hari)
    2. Kulkas = 1 stanby terus..
    3. TV = 2 jarang hidup
    4. sanyo (2 hari sekali)

    tapi kenapa tagihan saya sampai 800-1jt perbulanynya.. apa ada kebocoran ya min ?

    1. Oos Depok

      Kemungkinan tarif listrik baru, kalau memang ada kebocoran bisa telp ke 123 minta di periksa.

  9. Winda

    Ass…
    Mas di rumah saya listrik 900v byr tagihannya tiap bln 170rb,2 bln terahir ini 400rb,425rb,malah bln juni 500rb,sy tau katanya tarif listrik lg naik,cuma orang yg disekitar rumah sy yg pemakaiannya lbh bnyk dr sy tagihannya cuma 130rb,ada yg 180 rb,paling bnyk ada yg 200rb knpa y,ada yg bilang kilo mtr listrik sy yg nggk normal,muter terlalu cpt.,jujur aja y mas jd beben bngt misl tagihan listrik pr bulannya 500 malah lbh.
    Minta solusinya dong mas,sy harus gimana
    Sebelumnya trimakasih,wassalam.

    1. Oos Depok

      Kan sudah saya jawab Bu, coba di scroll ke bawah.

  10. Dini

    Mas… sy mau tanya dong… dirunah sy listriknya 1300 sy pake ac 1/2 pk.. trus mesin cuci sm tv 1 trus kulkas… nah.. kok sy tip bulan byr listriknya kena 400.. sampe 500rb lbh ya.. pdhl tv juga jrg dipakai… knp yah itu? Kebetulan disini juga baru pindah.. waktu pertama x si bayarnya cuma kena 200rban.. nah kesini sininya kena smpe 400 500rb lbh… knp yaa?

    1. Oos Depok

      Karena tarif listrik naik lagi dan sangat tinggi kenaikannya, saya sendiri sudah malas mencari tahu berapa % kenaikannya.

  11. Rahma Yenny

    Assalamualaikum mas,

    Saya mau tanya.. dirumah kebetulan masih pake yang 450 watt.
    Ada kulkas, tv, kipas angin, sanio air, laptop, trus palingan lampu yang idup kalo malem aja..
    masing-masing elektronik hanya 1 aja.

    Tapi jangankan semuanya idup, baru kulkas ama sanio dan tv aja udah jatoh ..

    Solusinya gimana ya mas ?

    Mohon dibantu, karena saya pernah complain ke PLN.
    Pas ada orang PLN bisa idup semua, tapi pas mereka pergi ehh jatoh lagi ..
    Takut bisa korsleting gitu mas. gimana yah solusinya.

    Terimakasih,
    wassalam,

    1. Oos Depok

      wa’alaikumussalam Pak / Bu,

      Telp ke PLN 123 minta mereka cek dan itu gratis koq, kalau ada kesalahan misal sambungan yang kurang kuat menyebabkan listrik mudah turun maka mereka akan bantu, free.

  12. juli suandika

    Halo gan mau tanya nih, daya di rumah saya 450watt mcb cl2 rencana mau build pc dengan psu 500w apakah kuat gan ?
    Semua komponen pcnya sudah saya kalkulasiin di web PSU kalkulator jadi konsumsi pcnya 399watt.
    Gimana gan kuat gak + monitor led 22 inch ?

    1. Oos Depok

      Ngga kuat, terlalu ngepas.

  13. Beni

    Salam
    Saya mau tanya, jika listrik rumah tangga MCB nya CL 6A, tapi pemakaian nya maksimal 900 watt. Apakah ada dampak nya?. Sebenarnya Tujuan untuk antisipasi jika and penambahan alat elektronik. Apakah biaya listrik nya menjadi lebih besar?

    1. Oos Depok

      Salam juga, sebenarnya 6A itu 1300VA, tapi yang digunakan 900VA, sangat rugi, tarif yang digunakan 1300 tapi daya max cuma 900, tarif 1300 lebih mahal dari tarif 900.

      1. Veni

        Taunya maksimal yg dipakai cm 900watt gmn ya mas? Saya jg lg bingung sm listrik saya nih.. 900 apa 1300.. krn naiknya mantap.. dr awal tahun ini biasanya 180an jd 280an terakhir 400.. wkwkwkw.. kl pas byr tagihan listrik itu tulisannya 900watt.. tp emg dicolokin ac 1pk, kulkas, magicjar, tv, inet kabel, mesin cuci bareng pun ga mati.. ta cek CL6A brati 1300 ya? msl emg 900 rncn mau naik daya aj..

        1. Oos Depok

          Iya CL6A x 220 = 1300VA

      2. dadan

        maap mau tanya juga…. rumah saya sama kondisi dengan bu veni, di slip tagihan 900watt,
        sebelumnya pernah tahun kemarin ganti mesin meteran, kata teknisinya meteran 1300, saya blum lihat CL berapa..
        terkadang tiap malam yang aktif :
        Lampu 10pcs
        kulkas 2unit
        laptop 2 unit
        komputer 1 unit
        TV LED 3 unit
        magic jar (penghangat saja)
        semua lancar blum pernah down..
        tarif baru skrg.. dari biasanya 140-180rb sekarang 339rb..
        pertanyaannya :
        1. daya yang dipakai saat ini berapa yah,, dengan kondisi mesin meteran telah diganti baru saat ini
        2. Kalo saya beli bor listrik yang 500w, kira2 kuat ga yah.. untuk pemakaian siang hari saja.

        klo siang hari, laptop, komputer, lampu mati,
        yang nyala cuman setrika, radio.. dan semua lancar..

        1. Oos Depok

          1. Kalau di kira2 sulit Pak, sebaiknya di cek CL berapa di MCB
          2. harusnya kuat asal setrika mati, soalnya setrika cukup besar dayanya, jadi kalau ngga kuat silahkan komplain ke PLN.

          1. dadan

            1. Saya baru cek, MCB nya CL4
            2. trims pak atas masukannya

            1. Oos Depok

              CL4 berarti 4×220 = 880 atau 900 VA.
              Sama2.

              1. dadan

                trims pak atas respon nya… smoga sukses selau

  14. fadila

    gan mw nnya..listrik rmah sya 2 pket ngga pke apa2 tp byar y mhal kira2 knpa gan??

    1. Oos Depok

      Maaf kurang jelas pertanyaannya

  15. service ac bsd

    bagus infonya.. jadi tau neh buat ngasih tau klien kebutuhan listrik untuk ac.. makasih ya bang

    service ac bsd
    service ac bintaro
    service ac pamulang
    service ac ciputat

  16. tono

    Assalamualaikum wr.wb
    saya punya showcase cake tpi klo setiap saya nyalain dan mixer jalan listriknya g kuat
    klo showcase dengan pwer 220V/50HZ/1 PH
    kira2 berapa watt ya pak admin..
    terimakasih

    1. Oos Depok

      Dicoba saja, kalau masih bagus ngga usah ganti, kalau sudah ngga bisa ya ganti.

    2. Oos Depok

      Wa’alaikumussalam, coba lihat di bagian bawahnya ada wattnya, biasanya showcase Watt nya kisaran 500 s/d 2000

  17. irvan

    Min kan kompor listirk saya dah 1.5 tahungk pernah dicolokin jdi kepala colokannya ada seperti hitam da lemak atau debu yg lengket kan udh saya lap ujung colokan tu , apakah masih bagus atau harus ganti?

  18. Prasetyo

    Assalamualaikum.
    Min d rmh ibuku pake 2 meteran 450.

    D MCB ny pake 4ampere. Rencana mau beli alat listrik 500watt(diketerangan produk) kira” bisa ga ya? Atau malah g kuat? Trmksh

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam warrohmatulloh wabbarokatuh.
      kuat tapi terlalu pas pasan, ketika daya tarikan awal bisa menyebabkan listrik turun, oh iya maksudnya 2 meteran 450 itu di bagi 2 yah?, kalau iya sudah pasti ngga kuat.

  19. dhany

    min mau tanya 2500 watt bisa nampung brapa pc?

    1. Oos Depok

      25 PC

  20. Denny

    Siang mas,

    saya mau tanya di rmh saya listriknya 900watt, tapi kadang kalo idupin AC low wat 320 watt dan komputer rumah, listriknya suka turun/mati.

    tapi kadang kadang juga tidak , kok bisa begitu yaa mas ?

    mohon pencerahannya

    terima kasih

    1. Oos Depok

      yang pasti kurang watt nya, apalagi kalau komputer pakai stabilizer makin sering turun.
      saran saya ac low watt nya di pasang ke suhu standar ruangan 25-27 C.

  21. hendra

    min.. saya ingin mengganti sekring ke mcb, listrik saya 1300 watt brapa amper mcb yang harus diguakan, dan berapa buah ?

    1. Oos Depok

      Pakai 1 buah MCB yg CL6

  22. fazri

    Assalmualikum..
    min ana mau nanya nih ..
    ana mau buat inverter dari 12v mnjadi 220v .
    mnggunakn travo 5A . .
    Yg ana mau tnyakn .
    Brpa watt yg akn kta hasilkan bila tegangan 220V .?

    Mkasih ..

    1. Oos Depok

      maaf salah kamar.

  23. Anugrah

    mas mau tanya dong, tentang stavol bisa kah, aku punya stavol SVC-500N. pasa saat saya hidupkan, jarumnya diam di 1 tempat saja. tetapi pas saya colok/pake untuk PS3, jarum stavolnya tidak diam, melainkan jarumnya naik turun dan stavolnya ada suara engkol motornya bergerak, nah itu gimana ya mas, apakah stavolnya rusak atau kah tidak rusak. dan kalau dipake gimana mas. terima kasih.

    1. Oos Depok

      kembali ke fungsi stavol itu menjaga tegangan tetap stabil, motor bergerak berarti menaikkan atau menurunkan tegangan yg tidak stabil.

  24. Danny

    Assalamualaikum pa.ane mau nanya.
    Rumah saya listrik nya1300 saya pakai ac 1 pk 590 watt.kulkas kipas lampu ada 4 tv sama ps3.itu ga pernah turun pa.
    Waktu itu saya cuma pakai mcb 1 saja yg di luar.mcb nya
    Cl6. 230/400v 50Hz
    6000.

    Drs ada teknisi listrik lg servis mesin cuci saya.dia nya pakai mcb nya 1 doang ya mas.
    Saya bilang iya.dibilang itu bahaya.klo ada yg korslet ga ada yg nahan jdi beban nya langsung ke mcb depan.di suruh saya bikin mcb 1 lg di dalam.trs dia pasang mcb di dalam.isi skrang sya pakai 2 mcb.
    Semenjak pakai mcb 2 listrik saya jdi sering turun.
    Klo pgi sampai sore saya ga bs pakai ac.padahal cuma ac sama lampu 1 doang yg nyala itu langsung jetrek listrik nya

    Nah klo malam bisa pakai ac lampu sama tv saja.
    Tpi ga bisa pkai ps3 mesin cuci.
    Klo ps3 .main cuci lampu tv ac nyala .pasti turun.

    Mcb dalam nya pakai
    C6.240/415 v
    4500
    3.

    Apa ada yg salah ya mas.
    Mohon bantuan nya
    Terima kasih

    1. Oos Depok

      ada 2 kemungkinan:
      1. MCB yang di dalam kurang bagus, pakailah merk yang bagus, karena kualitasnya beda MCB merk bagus dengan MCB abal abal.
      2. MCB di dalam kurang kuat sambungannya, biasanya kalau kurang kuat sambungan di MCB bisa menyebabkan spt itu.

      Maaf cuma bisa bantu segitu.

  25. gigihaditya

    Pak mau tanya,pln saya 450 CL2 krena rusak diganti dengan yang CL2 juga..tapi kok bisa pakai berbagai alat berat sperti mesin cuci ricecook frezzer tv dan sanyo ya ? Apa ada yang saya langgar? Sanksinya apa kalau saya melanggar? Apa saya didenda banyak?
    Terimakasih pak tolong pencerahannya

    1. Oos Depok

      Sangsinya disuruh bayar kelebihan pakai yg belum tertagih.

      1. gigihaditya

        Kok bisa begitu pak? Bisa pakai berbagai elektronik,padahal listriknya cuma 450 yang udah lama. Apa nanti listrik saya bisa dicabut ? Atau hanya bayar kelebihannya sperti yang bapak tulis ini? Tolong pencerahannya pak ya

        1. Oos Depok

          harus minta petugas PLN untuk mengecek MCB nya, jangan2 bukan 450 melainkan 1300 atau bahkan 2200

          1. gigihaditya

            Kalau 1300 atau 2200 gimana pak ? Apa saya akan didenda,atau sanksi? Soalnya mcb nya kok CL2 pak ya,pdhl kalau 1300 kan harusnya CL6 pak ya?

            1. Oos Depok

              Kan bisa jadi kesalahan orang yang memasang, jadi bisa membela diri, terkadang kita butuh perjuangan untuk menunjukan kita tidak bersalah, tapi kalau kita tidak lapor dan diam saja, nanti kalau di periksa dan ketahuan kita malah jadi dianggap sengaja.

              1. gigihaditya

                Kalau saya lapor,dperiksa lalu memang ada kesalahan dimcb nya. Apa saya lgsg dsuruh bayar kurangan tagihannya pak ya ? Lalu nanti mcb nya dganti pln dengan yang sesuai apa tidak pak? Kalau dganti,apa mahal?

                1. Oos Depok

                  kejadian yg sudah2 itu cuma di suruh bayar kelebihan pemakaian yg tidak terhitung, ada juga yg di ganti mcb saja tapi tidak bayar. tergantung kita pintar2 ngomong dan jujur.

                  1. gigihaditya

                    Ini segelnya dari atom/bahannya plastik bulet gitu warna merah pak. Apa ini asli ? Langsung telf pln trus datang gitu ya pak? 123 kan nomornya

                    1. Oos Depok

                      untuk segel saya krg hafal bahannya, iya telp ke 123.

  26. irvan

    Min 30 mbar itu ap?

    1. Oos Depok

      mbar itu tekanan millibar, mungkin ada konversi ke mbar, aneh koq tiba2 nanya 30 mbar?

  27. irvan

    Min 10 ampere itu brp watt?
    Mesin pengering saya 10 ampere , saya takut makainya nnti listriknya membalik

    1. Oos Depok

      10 x 220 = 2200 va / watt

      1. irvan

        Min satu lgi ni kan saya pake kompor bisa listrik sama gas , saya mau coba make yg listrik dan saya liat disitu tulisannya ad
        30 watt 220-240 v 50-60 hz dah ada juga dibawahnya 11,38kwh (827g/h) itu yg dipakenya brp? 30 kah atau 11,38 ? Thx

        1. Oos Depok

          Kayaknya yg 30 watt deh, tapi setau saya kompor listrik itu wattnya 800an lho, dan juga kalau misalnya 11,38 kwh terlalu besar sekali.

          1. irvan

            Sepertinya iya sih , itu ada 4 tungku 1 oven sama lampu tuk oven kayaknya sih 30 wtt

  28. isurbabai77

    Maf gan…saya numpang tanya gimana cara kita ngecek pemakayan setiap malam….melewati Kwh

    1. Oos Depok

      catat dulu malam ini brp kwh dan besok malam catat lagi berapa kwh, lalu kurangi kwh malam ini dengan kwh kemarin malam, pastikan pencatatan di jam dan menit yang sama yah.

  29. desmon

    slmt sore gan,saya bisnis waarnet ada 14 c0m tambah 1 dgn operator jd 15 com.sy sdh naikkan daya listrik sy dari 1300 ke 3500.nah permasalahannya comnya sering restart(com tiba2 matisebentar terus hidp lagi.sy sdh tanya ke teknisi komputer tdk ada masalah.dan mmang masuk akal krn komputer semuanya masih baru masih jalan 2 bulan.kira2 apanya yg bermasalah ni gan?tq.

    1. Oos Depok

      Met Malam Juga,
      Ada beberapa Kemungkinan:
      1. Voltase kurang misal harusnya 220v tapi kenyataanya dibawah 220v dan mungkin 150v
      2. Power Supply komputer bermasalah, coba di pindah komputernya ke tempat lain kalau masih spt itu berarti power supply bermasalah.
      3. kalau ini terjadi di semua komputer bisa jadi sambungan langsung ke MCB bermasalah, pertama tama cek dulu semua kabel listrik tidak kendor, dan cek sambungan di dalam MCB harus benar benar tersambung kuat, tidak boleh kendor.

  30. susii

    sore mas, saya mau tanya tulisan di mcb luar cl2 berarti 450kan..
    tp ada lagi didalem kaya mcb tapi kecil tulisannya c10 230/400v.
    artinya apa yah itu??
    tp untuk nyalain tv tabung gk kuat,,lgsg trip yg luar..
    gak ada alat elektronik lain yg saya pasang hanya tv dan 2 lampu Led.
    jd apakah itu karna tv saya yg konslet atau memang mcb nya yg eror..,, mohon bantuannya…

    1. Oos Depok

      Met pagi, c10 itu 2200 vs, trip sepertinya bukan dari tv, coba aja tvnya di test Di tempat lain.

  31. ari

    Permisi gan..drmh ane wat1300..anr pke token listrik…knpa boros ya gan..ane cuma make tv 1..kulkas 1..kipas angin 2..lampu drmh cuma 5 doang..masa kna 300rb/bulan…ane bandingin dtmpt lain ga mpe sgtu gan..ane curiga apa di colong ma tetanga gan…soalnya ane 1tmbok ma tetanga..minta solusinya gan..

    1. Oos Depok

      Coba di cek dulu ada ngga peralatan yg ngga dicabut, spt radio stdby, charger hp, lampu ganti led coba, dan cek sambungan ada yg kendur2 ngga?, kalau memang curiga di colong bisa minta tolong PLN mengecek seluruh instalasi.

  32. ningrum

    Assalamualaikum..maap mo tnya gan…listrik sy 900watt…dl sering jebret meski cm nyalain mesin air..stabilizer sering terbakar..smpe terakhir tv ngebledug..sy lapor lah ke pln kemudian mrka ganti mcb dalam ny dan gratis..cm kasi uang rokok saja..sejak itu ga prnh jebret nyala lancar…bayar normal kisaran 150-200rb..jarang pake strikaan..tnpa AC..saat ini sy baru pasang AC Sharp 1/2 PK low watt 320watt..tp ga prnh jebret jg..bayar tagihan jd nambah kisaran 250-350rb…sy belakangan br ngecek sndri..lihat mcb luar cl4A..mcb dalam ada 5 mcb masing2 10A…pernah nyalain mesin air, mesin cuci, sm rice cooker, tv led, dispenser, tp tetp ga jebret jg…yg sy mo tnyakan sebetul nya brpa daya listrik kwh meter sy..logika ny pemakaian lbh dr 900watt…apakah dikemudian hr bs di denda pln..? tp kan yg wktu itu ganti mcb dalam dr pegawai pln..surat formulir ny msh ada sy simpan..enak nya gmna yaa biar sy tenang ga ada mslh dikemudian hr..? Soal nya sering PLN ngecek meteran listrik tiba2..tp sih alhamdulillah ga bilang apa2..cm sy yg ketakutan sndri krna merasa pemakaian lbh dr 900watt…mohon penjelasan…trimakasih..

    1. Oos Depok

      Wa’alaikum salam, Saran saya datang ke PLN dan minta di cek apakah ada yang aneh, takutnya nanti misal ada pemakaian yg tidak terhitung maka nanti di masa depan di tagihan jadi bengkak, ceritakan saja sejujurnya dan bilang tidak tahu menahu, kasih semua form yg penggantian dan minta agar di sesuaikan dengan permintaan di 900 watt, jangan tunggu lama lagi segera lapor ke PLN, agar lega di masa depan

  33. Nanda

    Malam pak, saya mau tanya, daya di rumah saya 900A,
    Mcb luar di pasang 4A dalam dipasang 6A, yang di dalam jadi berfungsi apa enggak ya? Dan bahaya tidak?
    Kasus baru2 ini, rumah saya sering turun di kedua mcb nya padahal semua alat elekteonik dan saklar udah di matiin,
    Jadi susah identifiksi kerusakan nya,
    Kira2 yang mana yang harus dicurrigain duluan ya pak,
    Terima kasih sebelumnya,

    1. Oos Depok

      Met Pagi.
      Yang di dalam berfungsi hanya saja tidak sesuai karena MCB 6A itu untuk daya 1200VA, tujuan MCB di dalam adalah untuk mengantisipasi MCB luar turun, jadi bila terjadi gangguan dan menyebabkan listrik mati kita tidak perlu ke luar untuk menghidupi MCB di luar, cukup menghidupkan dari MCB dalam saja, jadi nanti jika terjadi gangguan dan listrik mati maka selalu MCB luar yg harus kita hidupkan, padahal yg kita inginkan untuk di hidupkan di MCB dalam saja.
      Saran saya jangan pasang MCB dalam yg amperenya melebihi MCB Luar, kecuali MCB dalam di bagi 2 menjadi 2A dan 2A, atau 2A dan 4A, atau 4A dan 4A, jangan 2A dan 6A atau 4A dan 6A.

      Thanks.

  34. Bram

    Numpang tanya bos, untuk meteran listrik pulsa kok nggak ada tulisan c4/6 seperti yg dijelaskan, adanya 230V 5(60)A dst…
    Bagaimana mengetahui berapa daya nya?
    Kemudian jika sudah bertahun2 tidak diisi, apakah bisa langsung digunakan jika saya isi pulsa?trims

    1. Oos Depok

      Memang tidak ada untuk Meteran digital menggunakan kode2, saya buat dulu yah kode2 nya nanti cek lagi di web berilmu.

      nih linknya, barusan saya buat http://berilmu.com/blog/kode-kode-meteran-digital-di-listrik-prabayar/

  35. Bli bali

    Kurang ngerti nih min..
    Kemarin2 saya beli pulsa listrik Rp.100.000 dapet 1500an kwh
    Sebulan kemudian beli yg Rp.100.000 lg dapetnya 1200an..
    Sekarang beli yg Rp.100.000 lg malah dapet 9000an..
    Saya kost..

    1. Oos Depok

      Wah salah kamar Bli, ini ngga membahas jumlah kwh listrik yg di beli.

  36. Asri hatta

    Selamat pagi admin… saya minta saran …begini saya buka usaha industri air minum RO ..kapasitas listrik terpasang saat ini 10 Ampere… itu sdh terpakai semua apabila saya hidupkan blower pengering label (350 watt) maka MCB akan turun…
    Yang saya tanyakan. saya ingin membeli genset solar silent yg bagaimana atau merk apa yg bagus…yg sesuai dgn kebutuhan supaya usaha saya tetap berjalan walau lampu padam…. terima kasih sebelumnya…

    1. Oos Depok

      Untuk Genset sebaiknya konsultasi ke Toko, harus disesuaikan KW yang ingin digunakan untuk menggantikan Listrik di tempat usaha anda.

  37. mida

    Pak kl psang listrik dgn daya 1300 itu brp biayanya y pak

    1. Oos Depok

      Coba telp ke 123 tanya langsung yah.

  38. lili hasan

    @ Oos depok

    mau tanya bang, saya di rumah listrikya cuma 900 w.
    ada ac 1/2 PK, sama kulkas, Tv,
    lalu saya connect kabel buat pompa jet pump yg otomatis masuk ke toren airnya.

    tv, Ac saya matikan, kulkas stand by. nah pas air toren abis otomatis dong listrik pompa nyala sendiri. tapi ini gak mau nyala om, saya cek di saklarnya yg buat ke pompa airnya ada arusnya listriknya.

    kira2 kenapa ya

    makasih

    1. Oos Depok

      Setting saklar pelampungnya mungkin kurang pas, coba di cek di saklar pelampungnya, mungkin kurang pas atau kurang nge plug… ini mungkin lho ya.

      1. lili hasan

        Makasih om Oos Depok…

        akan saya coba check dulu

  39. Amir

    Masi tentang mesin cuci min. Mesin cuci saya 220v daya swaktu mencuci tertera 340watt
    Listrik d rumah cl4x230

    Knp putaran mesin cucinya sngat lambat gak bertenaga kyk gak mampu gt tp muter dngan sngat lambat gak bertenaga

    Apa solusinya ya yg hrus sya lakukan? Dan dngan cara ap?
    Mohon bantuannya..

    1. Oos Depok

      Bisa jadi motornya lemah, karena motor mesin cuci itu ada elektronik speed controller (ESC) yg di program lewat menu2 yg di pilih, di telp ke service centre minta tolong di cek, smoga masih garansi.

      1. Amir

        Tp min gini kasus ini kejadian krn sya pindah rumah, rumah sblmnya watt rumah 3000an dan mesin cuci ane ad 2 yg satu tabung dan dua tabung .nah di rumah lama kedua mesin cuci ini gamasalah lancar aja. Trus swktu pindah rumah yg wattnya spt ane sbutkan cl4x230 itu mesin cuci gk sanggup muter , kipas angin ane jg dlu gt muternya lambat tp lama kelamaan normal tp msin cucinya ga normal2.. APa emang esc nya yg rusak ? Tp masa kedua mesin cucinya? Trus knp bgitu pndah rumah yg 900 wat ini lngsung ga bsa??

        1. Oos Depok

          Kalau wattnya kurang maka MCB akan turun, kalau puteran berkurang bisa jadi voltase nya tidak 220volt mungkin 140 atau 150 atau 170, hal itu membuat mesin dan motor menjadi lemah.

          1. Amir

            Saya rasa jga karna voltasenya rendah.. Klo watt kurang pasti udh balik listrikny.. Trus ningkatin voltase gmn ya. Pak? Mohon bantuan semoga jg jd solusi buat pembaca yg lain

            1. Oos Depok

              Untuk kejadian spt ini cara yg aman adalah:
              1. Komplain ke PLN mengenai Voltase yang tidak sesuai (kita ukur dulu sebelum lapor, kalau perlu direkam foto / video).
              2. Periksa instalasi listrik (pastikan sambungan2 itu merekat kuat, jgn sampai ada yg kendor / kurang kuat).
              Saya mengalami jg waktu rumah saya di renovasi dan saya harus ngontrak di tetangga, mengalami hal spt ini.

  40. aan

    Gan.. Ane mau tanya. Di pondok teman saya terdapat 5 mcb. Tapi semuanya di pasang seri. Maksudnya seumpama di daerah 1 dipasang mcb , dari daerah 1 di sambung ke daerah 2 ,sampek seterusnya . maksud ane bukan yang (setiap daerah di pasang mcb masing masing) gan . tapi dari daerah 1 di sambung ke daerah 2 , dari daerah 2 di sambung ke daerah 3 , dst. Di setiap daerah di pasang mcb.
    Masalahnya , klo seumpama terjadi konslet di daerah 3 , yang turun bukan pada mcb yang di daerah 3 ,tapi di daerah 1 . begitu juga kalo konslet di daerah lain , tetap yang turun mcb yang di daerah 1.
    Trus bagaimana solusi agar klo konslet di daerah 3 ,yang turun juga di mcb daerah 3 gan . begitu juga pada daerah lain .
    Mohon bantuan gan

    1. Oos Depok

      1. Lihat ukuran MCB nya, misal MCB paling ujung 6A dan MCB nomer 2 dari ujung 4A maka yg pasti turun MCB yg lebih rendah Amperenya.
      2. Bila semua MCB di pasang dengan ukuran Ampere yang sama maka disinilah tidak bisa dipastikan dibagian mana yg akan turun, tergantung lonjakannya ada di area sebelah mana dan bisa jadi mcb yg paling buruk kualitasnya akan mengalami turun terus.

  41. arifin

    mau tanya pak…
    daya 1300 token /prabayar biasanya pakai sekring 6A
    saya beli disarabnkan 10A

    pengaruh / bahaya apa tdk ?
    mohon penjelasan

    1. Oos Depok

      Fungsi sekring 6A adalah pembatas daya untuk asupan 1300 VA, apabila dipasang 10A maka daya yg kita batasi bukan 1300VA melainkan 2200VA, pengaruhnya bila daya lebih dari 1300 maka sekring tidak putus, padahal sekring untuk membatasi lonjakan daya, beda dengan MCB bila di MCB 6A tapi yg dipasang 10A artinya kita langganan 1300 tapi daya yg kita pakai 2200, ini melanggar perjanjian langganan dengan PLN dan bisa kena pasal.

  42. irfan

    gan maksud dari listrik 4 paket itu gmana ? kurang paham

    1. Oos Depok

      Perasaan ngga ada tulisan 4 Paket.

  43. Christian SetiaBudhi

    Gan, mau tanya dong, saya listrik ane 2200, di bagi 3 MCB C6 230/440V – 50 Hz, 1 MCB itu Buat 2 AC 1 PK kurang lbih @ 700 watt. pada waktu 2 AC dinyalain ngak masalah, tetapi setelah 1 jam MCB buat AC itu saja turun. itu kenapa yah?? apa emank daya nya ngak cukup atau MCB nya yg bermasalah? thaxs yah gan

    1. Oos Depok

      Kalau memang ngga cukup maka dari awal sdh turun, berarti ada perubahan daya sewaktu ac dihidupkan, mungkin ketika coba mendinginkan lebih, dia jadi naik dayanya sehinggu menjadi turun.

  44. Hamdan

    Saya punya mcb dg tipe
    NB1 – 63
    C32
    230/400
    Itu amperny brapa ya bos..?

    1. Oos Depok

      C32 itu 32 x 220 = 7040 VA

  45. herry

    min mau nanya..saya punya mesin cuci motor 600watt kok ga bisa dipakai pada listrik dgn daya 900va

    1. Oos Depok

      Tarikan awalnya melebihi dari 900 va, jadi ngga bisa.

  46. Hanggra

    Gan mau tanya, ane punya ac portable 1 1/2 Pk. Listrik ane 1300. Pas di hidupin jepret. Padahal alat elektronik ane yg lain udh ane cabut smua. Solusinya harus tambah daya apa gimana gan? Apa ada cara ngakalin start awal nyalain ac yg btuh daya gede.

    1. Oos Depok

      Harus di cek dulu berapa VA ac nya, jadi nanti ketahuan kenapa selalu ngga kuat, ngakalin start awal saya kurang tahu.

  47. rafli

    min mau nanya apa daya 400 watt kuat untuk pake ac 1/2 pk yang 320 watt?

    1. Oos Depok

      ngga kuat

  48. arman

    bos, minta nama sosmednya dong, pengen belajar lebih banyak soalnya 🙂

    1. Oos Depok

      wah ane jg masih belajar gan, di googling aja, di sosmed skrg lagi jarang update2.

      1. arman

        yaahhh,, okelah, klo boleh nanya, pole thu apa bos? apa itu kabel atau apa? trus 2 ama 1 thu apaa? msih kurang ngerti ama yang itu boss

        1. Oos Depok

          untuk belajar bisa di googling dgn kata kunci elektronika dasar atau elektronika diskrit.

  49. Uli dame

    Gan mau nanya ni…rumah saya selama 15 bulan g da yg nempati.trus 5 blan da yg nempati.meteran listrik 1300m.total tagihan saya kena 4 juta.tolong penjelasannya gan.tx

    1. Oos Depok

      coba bulan besok jgn ada pemakaian listrik yg tinggi wattnya, kita lihat masih mahal ngga.
      kalau masih mahal langsung hubungi PLN minta di cek instalasinya.
      kalau sdh tidak mahal berarti memang pemakaian tinggi dan tariff tinggi

    2. setiawan

      selama 15 bulan gak ditempti dibayar nggak? kena denda juga tuh…
      tapi klo pra bayar, saran admin di dengerin…

  50. Tony

    Gan, mau tanya nih listrik rmh sy 2200watt dan didalam rumah terpasang 2bh MCB yg @16Amp. Ada bahaya ga atau masalah lain gitu. Tq

    1. Oos Depok

      Fungsi MCB didalam itu untuk proteksi sebelum MCB di luar turun, jika di luar MCB 10A di dalam 16A maka tidak akan ngaruh untuk MCB di dalam, kalau beban listrik dirumah berlebih maka akan selalu MCB luar yg turun, harusnya yg didalam.

  51. Azun

    MR mau tanya..
    Daya 1300 dengan pemakaian mutlak.
    1ac sharp 1pk & 7unit komputer apa daya 1300 cukup dengan pemakain unit tetsebut.trims master

    1. Oos Depok

      Bapak hitung masing2 watt perangkat, terus jumlahin spt penjumlahan matematika biasa, kalau lebih dari 1300 hasilnya berarti kurang dayanya.

  52. HENDRI

    Min, tanya. Drmh saya Dulu pernah tambah daya Dr 450 ke 900 di kantor pln tahun 2011 lalu. Skrng mw tambah daya ke 2200 ada masalah, di struk pembayaran terakhir tertulis 450. Saya cek MCB luar tertera CL4A. Gmn nih solusinya? Jadi kenaikan daya yang dulu dianggap pelanggaran.

    1. Oos Depok

      Lapor ke PLN, ceritakan kronologis dengan jelas dan minta bantuan ke petugas PLN untuk solusinya, kalau di perberat, cari lagi petugas lain, harusnya bisa di bantu dgn solusi yang terbaik…. Saya doakan semoga lancar ya…. Aamiin.

  53. Randy

    Siang pak mau tanya kalau mcb saya tulisanny c32n 10a 250v iec p1 berarti dayanya brp ya

    1. Oos Depok

      Sepertinya 10A berarti 10 x 220 atau bisa juga 10 x 250 = 2200 atau 2500 VA

  54. lita

    kak..mau tanya barusan saya ganti mcb yang rusak..datang teknisi kan meteran saya c10 daya 2200 trus dia datang dan ganti dengan c6 apakah masalah? bukankah c6 itu daya 1300

    1. Oos Depok

      Coba di cek ke PLN langganannya yg 1300 / 2200, kalau 2200 maka harusnya CL10 dan sayang daya nya jadi turun kalau di pasang CL6….

  55. stevi

    Met malam gan mau numpang nanya boleh?

    1. Oos Depok

      malam juga, langsung tanya aja yah, Insya ALLOH kalau ngga sibuk langsung di jawab.

  56. Ryan

    Misi bro, saklar saya mirip sama gambar di atas. CL 6, 230 V. Pertanyaan nya, kalo buat komputer daya segitu kuat angkat berapa? Ane niat nya mau bikin warnet 16 PC + 1 Billing + Rumah Tangga. Harus naik apa enggak, kalo naik ambil daya yang kira2 berapa. Harus ganti meteran apa enggak? Makasih

    1. Oos Depok

      Harus di hitung dulu tiap2 PC berapa watt baru nanti ketahuan cukup atau tidaknya.

      1. Ryan

        Ada info info biaya tambah daya/ bikin baru?

        1. Oos Depok

          telp ke 123 nanti bilang aja berapa harga untuk tambah daya, trus nanti di survey atau bisa juga langsung pasang.

  57. dwi

    selamat pagi daya listrik sy 450wtt kemarin mcb luar rusak diganti pln c4 mcb dlm c6 apakah aman terimakasih

    1. Oos Depok

      Pagi juga, aman koq.

  58. Ichan

    Maaf min mau tanya, saya msh awam hhehe
    Listrik dirumah saya 900watt, smntara alat yang saya gunakan 1300watt..
    prtnyaannya apakah bisa?
    kalaupun tidak bisa, bagaimana cara mengatasinya?

    Makasih 🙂

    1. Oos Depok

      Tidak bisa, harus di naikkan daya listriknya.

  59. Aya

    Aku pke meteran yg CL6 emang boros yah pulsa 50 cuma 2 minggu padahal yg nyala trus cuma kulkas… trs cm pake kipas aja…

    1. Oos Depok

      iya boros.

  60. teri

    Kl di meteran 5(20)A 230V di mcb luar CL6 230v tapi didalam 2bh mcb dgn C4 230v dan 2bh mcb dgn C6 230V. Tolong kira2 berapa watt daya listrik di dalam rumah saya dan berapa daya di meterannya? Tolong pencerahannya, sbb saya merasa daya baru 900.

    1. Oos Depok

      MCB itu sebenarnya pembatas Daya, karena dari PLN itu dayanya besar terus masuk ke MCB luar sesuai langganan kita bila 1300 maka CL6, nah kalau di dalam di pasang CL4 berarti daya cuma 900, kalau di bagi dua yah di hitung dulu pemakaian MCB 1 dan MCB 2 berapa masing2, atau kalau ngga mau pusing pasang saja 1 buah MCB dalam yg CL6 juga biar sama dengan MCB luar, jadi MCB dalam dan Luar daya nya 1300.

  61. Aris Manik

    Min mau tanya,apakah kalau tegangan pln cuma 150v bisa menyebabkan rekening kita membengkak?

    1. Oos Depok

      setahu saya sih tidak

  62. kenny

    min buat 11500va pake mcb ukuran brp ampere ?

    1. Oos Depok

      dipake aja rumusnya 11500 / 220 = …. A

  63. Suharianto

    Maaf mas mau tanya.saya drmh pny daya 1300,nah rencana kan ada 2lantai,untuk kosan,,pengen nya say,,,kalo mcb dalam saya ksh 6a untuk saklar,10a utk stop kontak,16a utk ac,,trs yg d lantai atas,,msng2 6a pake 4 mcb,mohon pencerahannya

    1. Oos Depok

      daya 1300 itu kan mcb PLN 6A, jadi mcb dalam jangan di pasang melebihi 6A karena tidak akan berpengaruh membatasi Daya. yang ada itu biasanya di bagi 2 yaitu masing2 lantai jadi kalau lantai bawah melebih 3A maka mcb dalam akan turun, mcb pln tidak turun, atau bisa di bagi untuk lampu2 2A dan sisanya 4A untuk AC, setrika, Rice Cooker, jadi kalau turun hanya mcb dalam saja.

  64. iqbal ghozali

    Permisi pak mau tanya, klo di meteran rumah saya tertera CL2. 320/400v berarti daya nya brp ya?

    1. Oos Depok

      dayanya 400

  65. andhykha

    mcb saya cl4, klu malam menyala semua lampu komputer kulkas kipas angin kecil
    dan tv keadaan aman aman saja tapi begitu siang cma kulkas, tv,dan komputer meyala awalnya aman saja tapi tidak ada sama sekali tambahan daya ko bisa jegleg mcb setiap hari begitu ke adaanx.

    1. Oos Depok

      mungkin barengan ricecooker masak, kalau manasin doang gpp, tapi kalau masak nah itu bisa jegleg, setrikaan juga tuh bisa bikin jegleg, tapi kalau ngga itu semua berarti sambungan di mcb kendur.

  66. Maya

    Mas mcb luar sy 4a,dlm 2a. Yg sdh jln pake freezer 2 daya @180w g mslh. Tapi kemarin beli freezer daya 260w anjlok mcb luar. Padahal dh dicoba smua alat listrik mati. Kenapa y ms?

  67. faudzan

    di mcb saya cuman tertulis 4A saja. 4A X 220V = 880 VA dibulatkan 900watt ?apakah hitungan saya benar ?

    1. Oos Depok

      ngga ada huruf C / CL ya?, kalau ngga ada kemungkinan iya.

  68. ahmad faisal

    Pagi mas,mau tanya klau daya 1300 watt,MCB diluar pakai CL6
    Klau di dalam rumah pakai MCB berapa ya….?
    makasih infox mudahan bermanfaat

    1. Oos Depok

      Pagi juga, kalau bisa pakai jgn di bawah CL6, samain aja, kecuali mau di bagi2 pasang 2 mcb misal untuk lampu2 CL2 dan sisanya CL4

  69. skate

    Biaya tmbh daya listrik 450 watt k 900 brapa ya

    1. Oos Depok

      kira kira hasil googling Rp 422.000 + Penyesuaian Uang Jaminan Langganan yang ada di PLN

  70. Hendri

    Klo cara mengecek berapa watt…yg listrik pulsa gmna …???

    1. Oos Depok

      Pakai code di input atau sebaiknya tanya petugas PLN

  71. syaipun

    Misi gan . mau tanya . knapa di amper prabayar saya . d atas kwh tertulis 37 VA . trus saya gandeng k rmah satunya tidak bisa ngangkat (daya bbeban berlebih) mohon bantuannya gan

    1. Oos Depok

      Minta ke petugas untuk di cek dulu Pak, jadi nanti ketahuan beban yg di butuhkan untuk masing2 rumah.

  72. Florens

    Slmt mlm gan, d kmr kosh saya MCB tertera CL2 berarti 450watt, namun pemakaian dispenser dayanya 385watt, kok MCB-Nya jatuh terus, mohon bantuanNya ??
    supaya saya paham

    1. Oos Depok

      malam jg, itu ada 2 kemungkinan, yg pertama tarikan awal lebih dari 385 watt dan ada perangkat lain yg hidup juga jd totalnya melebihi 450 watt, kemungkinan kedua coba matikan semua dan hanya dispenser yg di nyalakan kalau masih turun berarti ada sambungan yg kurang baik di mcb atau di jaringan listrik di kos atau memang kalau dispenser memasak dan mendinginkan wattnya berubah jadi lebih dari 450.

  73. faudzan

    MCB saya tertutulis 4A doang ? ga ada volt nya.itu berarti berapa watt ya pak ?

    1. Oos Depok

      4×220 = 880 / 900 dayanya

  74. farida

    Mcb sya merk nya cannet model DDSY832 kalo ngecek kwh gmna ya

    1. Oos Depok

      kwh terpakai itu angka ada di mcb, misal saat ini angka meteran kwh 1000 dan besok di lihat lagi 1100 besoknya lagi 1200 rumusnya hari ini di kurang kemarin, kalau sebulan ya sebulan kemaren di kurang hari ini.

  75. dhe

    Pak mau tanya sy beli rmh dg listrik daya 450 dg mcb nya c16 dan bs dipakai apa sj,,,kmrn dr pln sdh diganti daya 1300 dg mcb nya tetap tapi malah suka trn kl pas nyala pompa air dan masak nasi dg magic com pdhl sblmnya ganti daya tdk pernah turun,,,,

    1. Oos Depok

      mungkin ada sambungan di mcb yg kurang kuat, coba minta di cek sama petugas PLN, yg menjadi pembatas daya itu di MCB kalau dulu pakai MCB CL6 berarti dari dulu sudah 1300 hanya saja yg terdaftar di PLN mungkin 450.

  76. aziz

    malam mas , saya mau tanya berapa watt stabilizer yang dipakai untuk daya 900 watt.
    saya sudah beli stabilizer daya 1500 wat tetapi selalu anjlok terus
    .
    terimaksih

    1. Oos Depok

      setahu saya stabilizer itu tidak boleh melebihi daya yg terpasang di rumah, misal saya dirumah listrik 900 maka stabilizer pakai 500 untuk di rumah.

  77. Eka pastika

    selamat sore gan,
    mau tanya.
    klu toko 1. warnet 20pc + 2pc server ,1 showcase polytron,3 kipas angin,3 lampu 25 watt,
    trus toko 2.barbershop 1ac 1pk kira2 700w,lampu barber 100w,4lampu 25 watt dan mesin air.
    Cukupkah dengan daya 4400va buat kedua toko diatas,
    makasi infonya

    1. Oos Depok

      sore juga, kalau di kira2 sepertinya kurang mantap, di hitung aja masing2 watt tiap perangkat, kan ada tuh di belakangnya, jumlahin semuanya, kalau di hidupkan juga kan ngga sekaligus bareng2, misal ac dulu, trus pc dan lain2.
      maaf kalau jawaban ini tidak spt yg di harapkan, karena memang harus dihitung per alat biar akurat.

  78. asrinasetyawan

    Assalamualaikum min,tetangga sya gandeng listrik di rumah.apa ngga ada pelanggarannya yah?? Soalnya udh lebih 1 tahun.sudh d lapor ke petugas PLN,tpi blum di gubris.

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam, harusnya ngga apa2, selama bayar dan tidak mencuri, tapi mungkin dari aspek keamanan coba di cek agar sambungan2 terhubung dgn baik.

  79. dasnita

    assalamualaikum mas
    mau tanya nih, dirumah saya listriknya 1300 watt, pemakaian normal rumahtangga. sebelum bulan maret 2016 tagihan listrik stabil sekitar 180.000 an perbulan. tru akhir maret ada petugas pln datang dan bilang kalo kilometer dirumah saya angkanya ngga jalan. jadi harus diganti kilometer baru. alhasil sejak diganti bulan april tagihan listriknya mulai naik dari yang 180 .000 an jadi 200.000 an. sampai agustus 2016 ini tagihannya udah jadi 500.000 an. trus sempat komplain ke kantor pln nya, dalih nya ada penumpukan angka dikilometer nya. dan petugas pln nya nggak kasih solusi apa apa. saya harus lapor kemana mas? trus cara cek ada kekeliruan di kilometer nya gimana? terimakasih

    1. Oos Depok

      Wa’alaikum salam, Lapor ke PLN 123 telp ke nomer 123, jelaskan dan komplain minta data2 dan bukti2 dari PLN bahwa terjadi penumpukan angka di kilometernya, sampaikan bahwa kerusakan meterannya bukan tanggungan ibu, bahwa itu adalah kesalahan dari alat PLN nya, jgn mau dijadikan korban karena kelalaian dari PLN itu sendiri, simpan semua data2 pembayaran kita.
      Saya doakan mendapat yg terbaik… Aamiin ya Robbal Alamin.

  80. kiky

    Mau tanya nih. Kalo listri 1300 berarti abonemnya brapa ya? Terimakasih

    1. Oos Depok

      Tidak pakai Abonemen Daya 1.300 VA Rp 1.410 per kWh, dan totalnya kena PPN.

  81. andhika

    Pak numpang tanya… cara melihat watt yang ada di gedung itu gimana ya soalnya saya bingung….?

    1. Oos Depok

      Tanya ke Building Management

    2. TrieYS

      Mungkin bs dilihat dgn cara uraian di atas yaitu melihat Arus(ampere-CL10 ato CL12) yg tercantum pd MCB induk, tinggal dikalikan 220V itulah daya/watt dari gedung tsb. Semoga membantu.

  82. Herman

    Mau tanya pak, kalau daya 1300wtt bisa gak pakai mcb diatas 6A..? Dan bila daya 2200wtt harus menggunakan mcb brp Ampere.?
    Dan brp kah tarif kenaikan tambah daya dari 1300 ke 2200 wtt..? Terimakasih.

    1. Oos Depok

      Untuk MCB luar 1300 watt di pasang 6A kalau lebih berarti sdh tidak 1300 watt lagi, daya 2200 menggunakan 10 Ampere, kenaikan tarif cukup signifikan yg pertama abonemen naik dan kedua tarif dasar listrik yang di gunakan lebih mahal yg 2200.
      sama2.

  83. Dany

    Assalam…
    Gan mau tanya rumus pembagian 900 watt.
    6 amper.dikacih mcb

    1. Oos Depok

      Jika 6A X 220V = 1320 VA bukan 900 VA

  84. Mansur

    Mind cara mengtahui VA pada Kwh bgai mna caranya?

    1. Oos Depok

      saya kurang paham sama pertanyaannya

  85. zay

    Met siag mas,saya mau tanya kwh electric di rumah saya tidak berfungsi tombol-tombl angkanya,itu kenapa ya mas.mohon jawabnya.

    1. Oos Depok

      Coba hubungi petugas yg bersangkutan Pak.
      makasih.

  86. Fajrin

    Mas saya mau build pc nah saya pakai psu 600 watt…dirumah saya listrik 1300 watt hanya tv led saja yg sring hdup,bebrpa lampu dan 2 kipas angin kira kira kuat apa tidak mas….terima kasih!!

    1. Oos Depok

      Saran saya jgn pakai PC, pakai notebook saja yg lebih hemat listrik, kuat tidaknya hrs di hitung masing2 watt perangkat di rumah.

  87. Elshahudaya

    Daya rumah saya 1300watt, kalo malam saya nyalakan ac saja awalnya ga apa apa. Tapi subuh2 sering ngjgleg senditi. Kenapa ya? Pdha elektronik yang dinyalakan hanya 1 ac

    1. Oos Depok

      kemungkinan tegangan dari PLN turun atau bisa juga kerja AC bertambah, jd watt AC ikut membesar, sehingga membuat turun.

  88. rian

    mau tanya bos,harga kulkas 220-240v pemakaiannya brapa dlam sebulan? kulkas kcil

    1. Oos Depok

      wah ngga ngerti maksud pertanyaannya.

  89. Abe

    Mau nanya kl di rumah ada kabel yg konslet..apakah mcb di luar trip/turun secara otomatis?..soalnya di rumah tdk pakai sekering..trims

    1. Oos Depok

      kalau korslet dayanya melebihi MCB maka akan trip/turun otomatis, tetapi bila korslet tidak melebihi mcb tidak akan trip/turun otomatis.

  90. ambodalle

    Assalamualaikum gan
    mw nanya kalo pemasangan baru kilometer
    ,untuk pemasangan MCB di dalam rumah
    ,dan juga anti petir/grond
    tanggung jawab pelanggan atau dari pihak PLN
    makasih gan it aj

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam,
      tanggung jawab pelanggan.

  91. ambodalle

    assalamualaikum
    gan mw nanya pemasangan kilometer baru
    untuk pemasangan anti petir /grond nya tanggung jawab konsumen atao PLN

  92. coretanpena

    terimakasih pencerahannya gan

    1. Oos Depok

      Sama2.

      1. Michael

        Mau tanya mas…. Listrik sy sebelumnya 1300w dgn 2 mcb masing2 CL6 lalu sy tambah daya menjadi 2200w tapi kenapa sering turun listriknya ya ? Padahal pemakaian belum sampe 2000w…. Trims mas mohon jawabannya.

        1. Oos Depok

          MCB nya ikut diganti ngga?

  93. Syahfii

    mas mohon petunjuk, listrik kami 900 Volt mcb 4 ampere, memakai 2 sekering 6 ampere untuk lantai atas dan lantai bawah, sedangkan yg banyak digunakan hanya yg dibawah aja, pertanyaannya kenapa mcb luar sering melompat ?

    1. Oos Depok

      walaupun pasang sekring 6 ampere tetap acuan itu mcb di luar yg 4 ampere, bukan berarti jd lebih besar daya nya.

  94. Sukir

    Assalamualaikum…Ma saya mau tanya kalo daya kilometer depan 32 berarti itu berapa ribu wat ya…Trmksih…

    1. Oos Depok

      32ribu.
      sama2

  95. franan

    Assalamualaikum, bth pencerahan nih gan.saya kan baru naikin daya listrik dari 450 ke 1300, tp knp wkt beli token di struk , msh tertera 450? Apakah daya masih 450? Nuhun

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam, bisa jadi data di token belum update, sebaiknya di konfirmasi ke customer service.

  96. Marlenna Ostramonath

    Mas mau tanya listrik saya di rumah 1300watt,sebelumnya pasang ac kalau malam tidak masalah,tetapi baru”ini kenapa ya mcb luar turun terus setelah nyalain ac selama 3 jam.ac 1 pk.sudah dicek sama org PLN ktnya suruh tambah daya.yg sayabingung padahal sblm nya gak masalah.

    1. Oos Depok

      Coba deh AC nya di service cuci, trus kalau bisa suhu yg di pasang jgn terlalu rendah, kalau masih turun juga tambah daya atau ganti ac yg low watt/energy

  97. hermawan

    Assalamualaikum
    Dirumah saya py 2 meter listrik prabayar daya masing2 1300 bisakah kabelnya digabung jadi satu untuk pemakainya

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam, bisa saja tapi sayang karena bila di gabung tetap saja hanya bisa mendapatkan daya 1300

  98. Andreas

    Mau tanya di rumah ane mcb nya ada 2, buat lantai atas 1 dan bawah 1. Trus kalau mau cek total daya di rumah yang dipake satu apa semuanya? Makasih.

    1. Oos Depok

      Coba cek MCB yg di luar rumah ada ngga?, sebelum di bagi untuk lantai atas dan bawah biasanya di luar ada MCB dari PLN.
      nah yg cek total dari MCB yg diluar rumah dari PLN tsb.

  99. candra muh. asyhari

    trs kalo meteran sistem pulsa gimana bos?
    apa daya semu nya juga dihitung?
    alat penghemat listrik bisa kah dipakai utk meteran pulsa?

    1. Oos Depok

      Secara teori meteran pulsa sama dgn meteran non pulsa, dia hanya mengcounter / menghitung mundur sampai ke nol maka meteran akan auto cut off / putus.
      bisa saja tapi tidak terlalu signifikan / berpengaruh besar dalam menghemat listrik.
      Matikan peralatan listrik yang tidak di gunakan, gunakan dengan efisien, efektif dan cerdas.

  100. Indri

    Mau tanya dong gan, rumah yg saya kontrakan watt nya 900. Saya menggunakan ac 1 pk. Awalnya tidak jepret, tapi malam ini jepret terus. Padahal tidak ada elektronik yg saya gunakan, semuanya saya cabut dan lampu tidak ada yg menyala. Kenapa ya kira-kira?

    1. Oos Depok

      Biasanya ada 2 penyebab:
      1. Kalau AC mulai kotor maka dia ketika di nyalakan langsung membutuhkan watt yang tinggi.
      2. Kalau daya listrik / tegangan listrik kurang jauh dari 220v bisa jadi langsung jepret. (ukur pakai multimeter brp tegangannya, kalau jauh di bawah 220v misal 150v maka gara2 tegangan yg kurang).

      1. safii

        Kalo memang voltasenya turun tidak sampe 220v hanya 185sd 190v harus bagaimana mensiasatinya pak?

        1. Oos Depok

          Pakai stabilizer.

  101. fuzhie

    Mas saya mau tanya daya listrik drmh kan 900W,kenapa y setiap sehabis mati lampu mcb pusat jebret terus,padahal saya pk mcb dalam yang 6A.mohon penjelasannya

    1. Oos Depok

      Bisa jadi perangkat Listrik yg hidup bersamaan melebihi 900W pada saat listrik hidup.
      untuk MCB 6A itu tidak berfungsi menghambat listrik yg berlebih, karena MCB di luar hanya 4A.

  102. windya

    udah sy cek perangkat yg trsmbung ke mcb yg 4 ampere itu adalah ac sharp 1 pk 925 watt,kipas angin 30 watt dan note book 40 watt 4 ampere kan bwt 900 watt ya mas?berarti kelebihan beban tapi kok gak jeglek sy takut kebakaran apa mcb nya jelek ya mas klo sy ganti mcb ,merk apa dan dmana belinya? mohon pencerahannya mas,

    1. Oos Depok

      wah iya tuh kelebihan, MCB nya loss jgn2, sebaiknya ganti aja sama merk merlin gerin original atau merk schneider.

      1. windya

        itu mcb yg d dlm rmh mas, klo yg d dpn rmh, yg dari pln, mcb nya 10 ampere, apa klo mcb d dlm rmhnya td rusak, masih bisa d jaga ama mcb yg 10 ampere dri pln?

        1. Oos Depok

          O jadi langganannya 2200 VA, MCB yg di dalam rumah membatasi VA yg seharusnya 2200 VA cuma bisa di pakai menjadi 900 VA, kalau MCB yg didalam sudah tidak berfungsi menahan 900 VA bisa jadi loss, untuk aman sih iya karena MCB di luar masih bisa membatasi hingga 2200 VA.

      2. nila

        Pak maaf saya mau tanya…listrik d kontrakan saya 450….tp kok gk pernah turun y….lw malam ac 1/2 pk ,kulkas,lampu nyala…to gk turun juga…bahaya tidak…

        1. Oos Depok

          Bisa jadi bahaya bisa juga tidak, mungkin saja mcb dari PLN tidak sebesar 450.

      3. Christian

        Mas, saya mau tanya .. listrik drumah saya kan pakainya 1300 VA tp kenapa yg tercantum hanya 900 VA ya? Sedangkan kalo saya liat dari MCB dia pake yg 6 ampere

        1. Oos Depok

          Itu berarti langganan yg sah 900 dan sebaiknya hubungi org PLN untuk minta di sesuaikan.

  103. windya

    pak. mcb d dlm rmh sy 4 ampere.dipakai bwt ac 1 pk, kipas angin,dan notebook,kok gak jeglek ya? perkiraan sy hrsnya jeglek. berbahaya gak ya …

    1. Oos Depok

      sebaiknya di cek dulu semua perangkat yg terhubung berapa watt, nah kalau bahaya sih seharusnya ngga, cuma untuk lebih berhati2 dan bersiap itu wajib.

  104. Yosie Fernanda

    Sy pny gudangg 3phase 50A kl sy jadikan 22vlt pakai mcb berapa ampere y pak ,trims ifonya

    1. Yosie Fernanda

      Maaf pak mau tanya nih,
      Di gudang sy listriknya 3phase 50A, terus ada
      4 ac 2 pk an, 1ac 1pk pembagian RST nya enaknya
      Bagaimana ya pak? Trimakasih sebelumnya

      1. Oos Depok

        dibagi aja sesuai besar wattnya tiap2 ac.

    2. Oos Depok

      weh salah kamar mas.

  105. nurharyanto

    Mlm mas wat drmah saya 450wat tapi mcb yg didalaam kok turun terus knp ya mas…..klau panas pasti turun mcb yg didalam…klo di paksa dinaikin beberapa kali tidak bisa malam mcb yg dimeter itu turun mohon penjelasanya mas

    1. Oos Depok

      Oh itu simple biasanya cuma karena sambungan yg kendor (kurang kuat), coba cek sambungan2 di MCB.

  106. abdihsbtm

    Maaf pak nanya nih
    Kalau charger aki ouput 12v 10A
    Dan input 220v utk ngecas aki 12v 10Ah
    Ngimana ngitung kwh PLN nya y?
    (Makan daya pln brp gitu?)

    1. Oos Depok

      di situ ada caranya di coba aja hitung sendiri.
      thanks.

  107. suparman

    gan mau minta bantuan pencerahan, dirumah saya listrik 900 watt tapi memakai mesin buat sari kedelai 750 watt ga kuat padahal yang lain dah dimatikan.

    Wassalam

    1. Oos Depok

      Wa’alaikum salam, bisa jadi tarikan awal mesin sari kedelai lebih dari 750 watt, coba di cek sambungan2 listriknya, ada yg kendur ngga?, kalau tidak ada yg kendur berarti benar mesin tsb tarikan awalnya lebih dari 750 watt bisa jadi juga lebih 900 watt.

  108. Albert

    Selamat malam, saya mau nanya, dirumah saya dayanya 2200, pasa saat menyalakan ac 1pk yg 690w dan ac 1/2 pk yg 340w, kulkas 2 pintu saya kurang tau brp watt nya, jika saya nyalakan semua, lampu rmh saya langsung redup dan ac saya tidak dingin, ini karena apa ya? Dan bila tegangan voltasenya turun, bagaimana cara mengeceknya? Dan apa yg harus saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, mohon penjelasannya

    1. Oos Depok

      malam juga, biasanya pakai avometer untuk di ukur tegangan listrik apakah mendekati 220 volt, atau jauh dari 220 volt, ini bisa menyebabkan lampu redup dan ac tidak kuat menjalankan kompresor untuk mendinginkan ruangan. periksalah sambungan2 listrik di rumah, apakah ada yg kendur?, cek jg mcb di dalam rumah apakah sambungannya kendur?. (sebaiknya panggil tukang listrik untuk mengeceknya).

  109. Mawan

    Selamat malam pak, saya berencana akan membuat ats (pln dengan inverter). Untuk meng on kan inverter secara otomatis, sebaiknya kabel dari mana yang saya ambil untuk dihubungkan ke relay? Apakah dari kabel aki atau kabel on/off inverter?. Trus sebaiknya memakai time delay atau tidak unyk menghidupkan inverter tersebut..trimakasih atas jawaban bapak

    1. Oos Depok

      Met Pagi, Harusnya sih pakai Timer Delay Relay, Saklar Elektronink dan untuk mengonkan inverter secara otomatis kabel dihubungkan dulu ke Relay dan nanti ada timernya juga, terus pakai MCB biar aman ya.

  110. Kuncoro

    Selamat malam saya mau nanya. Mcb diluar rumah saya tertera CL4 sedangkan yg didalam itu CL6. apa bedanya yaa?

    1. Oos Depok

      Malam, CL4 di luar rumah daya nya 900 dan di dalam rumah CL6 daya nya 1300. Manfaat dari MCB adalah membatasi tegangan tinggi dari PLN yang masuk kerumah kita, misal dari PLN dayanya 50 ribu pas masuk kerumah kita di pasang MCB 900 maka kita hanya bisa menggunakan daya 900 saja, jadi tidak akan pengaruh jika di dalam di pasang CL6.

  111. nugroho

    mau nanya pak, saya sudah terlanjur membeli kompor induksi dng daya kerja yg diperlukan 850-200 watt, setelah saya pasang di kamar kos saya, alat ini tidak bekerja yg menunjukkan error yg artinya voltase kurang dr 190 v. apa yang sebaiknya saya lakukan? adakah trik untuk membuat alat ini bekerja?

    1. Oos Depok

      Biasanya kalau voltase kurang kita menggunakan regulator di set ke 220 atau bisa juga stabilizer.

  112. Lian

    Mw nanya dong gan, klo daya 900 pake mcb 6 ampere pengaruhny apa ya..
    Trims..

    1. Oos Depok

      Kalau kita pasang mcb di luar mengganti mcb pln maka kita dianggap mencuri, kalau pasang di dalam setelah mcb pln maka tdk akan menambah daya dari 900 ke 1300.

  113. ajat

    Maaf gan mau nanya..
    Dirumah sya daya listriknya cuma 450watt mcb yg cl2..
    Kalau pasang kompressor yang tegangannya 500 watt selalu bunyi kwhnya dan ada tulisan daya lebih mulu..
    Supaya benar gimna y gan tanpa tambah daya listriknya..
    Apa pasang stavol apa gimna y gan..
    Mohon infonya gan..
    Makasih

    1. Oos Depok

      tambah daya jadi 900va / watt
      atau ganti kompresor yg lebih kecil dari 500 watt, misalnya 350 watt atau 400 watt

  114. andi gunawan

    mo tanya gan
    listrik rumah ane 1300 watt ( Prabayar ) tapi untuk biaya ane sangat fantastik 400 ribu/bulan
    ane di rumah pake ;
    1.tv
    2.magic com
    3.mesin cuci 1 tabung
    4.ac 1/2 pk
    5.blender
    6.mesin air

    gak ada kulkas gan karena kalo ada ane tambah jeboll

    ane tanya tmn ane di tambahan barang nya,kulkas,mesin air jet pump,dll tapi biaya 200/bulan

    ane sudah konf ke pihak pln
    ane disuruh matikan mcb dalam dan mcb pln
    apa bener gan kl ada ke bocoran akan ketahuan

    1. Oos Depok

      Hmm sebenarnya kalau ada kebocoran bisa di telusuri oleh ahli/tukang listrik, di cek semua sambungan jgn ada yg renggang sambungannya, termasuk sambungan mcb biasanya masih suka renggang dan goyang2, sambungan yg kurang baik ini bisa menjadi boros listriknya karena akan timbul panas dari listrik yang terbuang.
      saran saya minta petugas PLN mengecek sambungan pada MCB luar rumah dan dalam rumah, lalu minta pemeriksaan sambungan di instalasi listrik apakah ada yg longgar2.

  115. DWI YULIANI

    assalamu’alaikum…. maaf saya mau tanya kalau daya magic com sama televisi besar mana ya….terimakasih

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam, coba cek di bawahnya magic com dan televisi tulisan watt berapa?, setahu saya lebih besar magic com.

  116. Dian

    Assalamu alaikum… sy mau tanya.. kalau master saklar di rmh tertera 10 ampere.. terus mini saklar sy bagi jadi dua ada di rmh dan ada di warung… masing masing mini saklarnya 10 ampere..itu bagaimana menghitungnya??? Aapakah melebihi yg diluar karna kalu ditotal kan ada 20 amper (maaf belum terlalu faham) mohon penjelasannya..
    Yang kedua.. jika masing2 sy pasang mini saklar yg 10 amper td.. terus yang di warung melebihi kapasitas.. apakah mcb yang di warung sja akan turun atau yang di saklar utama juga trip/jatuh?

    Terimah kasih sebelumnya
    Mohon penjelasannya….

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam
      kalau di MCB luar 10 ampere artinya di dalam rumah hanya mampu menggunakan sampai 10 ampere, kalau di bagi 2 masing2 10 ampere tetap saja tidak jadi 20 ampere, jadi listrik di warung bisa sampai 10 ampere dan di rumah 10 ampere.
      bila pemakaian dirumah sdh 5 ampere lalu pemakaian di warung berlebih menjadi 7 ampere di total menjadi 12 ampere dan MCB akan turun.
      lebih baik di batasi agar MCB di luar tidak turun, di bagi dengan baik misal di warung hanya 4 ampere dan di dalam rumah 6 ampere, dan dipastikan MCB diluar tidak akan turun, yg turun hanya di dalam rumah jika lebih dari 6 ampere dan di warung bila lebih dari 4 ampere.
      jadi MCB diluar itu akan tetap aman, semoga paham.

  117. Nur

    Slmt sore pak,mau tanya,klo saya pengguna listrik dgn mcb cl 6:1300 watt,biar pemakaiany max mcb yg di dalam pake brp amper? Trims

    1. Oos Depok

      Sore juga.
      Kalau tidak ingin di bagi bagi langsung saja pasang yg CL6 juga kalau bisa merknya yg bagus.

      1. Nur

        Master saya CL6,Klo yg dalam saya pake CL 2,krn daya yg saya pake tdk lebih dr 450 watt,apa itu jd hemat/malah jd boros,mohon pencerahany trims

        1. Oos Depok

          itu ibarat kita langganan dan bayar untuk 900 tapi kita cuma make 450, tarif yg berlaku 900 lho… jadi boros.

  118. muhamad anwar

    Pak saya mau tanya apa perbedaanya angka yg ada pada mcb setelah kapasitas mcb trsebut misalkan c2 nah dibawahnya itu ada yg d dalam kotak misalkan 6000 sma yg 4600. Terima kasih sebelumnya

    1. Oos Depok

      Menunjukkan rated breaking capacity MCB, yaitu kemampuan kerja MCB masih baik sampai arus maksimal 4500A, yang biasanya terjadi saat hubung singkat arus listrik.

      1. muhamad anwar

        Berarti klo rated pada mcb nya lebih besar berarti lebih bagus kan untuk menahan mcb tsb dari trip.Soalnya d rumah org tua saya sering trip klo nyalain tv sama magicom..

        1. Oos Depok

          Secara teori harusnya begitu….

  119. dewi

    assalamualaikum..saya mau tanya ..sya mmkai lstrik prabayar .. CL6 230/400v…nah yg mau sya tnyanyakan yg dklikan sma 6 nya itu 230 (230×6) atau (400×6) ?soalx pnggunaan lstrik cma sdikit ttp kwhx pulsanya cpt habis…trmksh

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam.
      yang di kalikan 6×220 v = 1320 VA…. jika pulsa cepat habis bisa jadi kategori beberapa faktor:
      1. Banyak listrik yang standby contoh tv dicolok walaupun sdh mati (ini dinamakan standby).
      2. Charger HP
      3. Sambungan listrik kendur di MCB.
      4. Colokan listrik kendur sehingga panas.

  120. Tiaifi

    Assalamualaikum.pak mau tanya listrik dirmh sy 1300watt dngn 6c mcb nya…trus ada 2mcb lgi didlm rmh..dari 2 mcb tsb salah satu nya trip trus pak..itu utk pemakaian lampu teras dan mesin pompa aja..tp kl dinyalain lampu lngaung trip pak..smntara mcb yg 1nya On pak..gmn pa y itu mcb nya yg rusak ato ada yg korsleting pak??mohon info nya pak..makasih.

    1. Oos Depok

      Wa’alaikum salam.

      coba di cek brp C si MCB 22nya?
      Untuk C6 = 220 X 6 = 1320 VA (1300 watt)
      Bisa juga kabel penghubung di MCB pada kendur, coba di cek dan di pastikan sudah terhubung dgn baik, kuat dan tidak goyang2 kabel yg ke MCB.

  121. zydan

    Mo nanya yg singkat aj gan,klo listrik di rmh sering turun apa pembayaran akan semakin mahal?

    1. Oos Depok

      akan lebih mahal tidak hanya saja akan lebih murah kalau jarang turun, karena setiap di naikkan lagi mcbnya akan terjadi lonjakan besar diawal.

  122. Vita

    Assalamu’alaikum,,
    Seneng bgt baca diskusinya, pas kebetulan aq ada pertanyaan, aq punya listrik 450 volt apa watt intinya itu yg dr pln, dan ga da mcb, di dalam rumah baru ada mcb yg terbagi 2 jalur dg mcb c6 dan c10, klo melihat dr hitung2 an itu kilometer sy apa 450 Volt apa brp ya ? Dan apa mungkin 450 volt bs pake mcb 10 ato mcb 6

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam.
      Kalau dari PLN langsung ke bagi 2 MCB untuk C6 dan C10 maka masing2 Daya:
      C6 = 1320 VA dan C10 = 2200 VA
      tidak mungkin daya 450 VA yg dari PLN.

  123. cancan

    Tanya gan bagiamana cara utk pengeceken (watt) yang mudah suatu eletronik yang digunakan?
    Terima kasih

    1. Oos Depok

      bisa dilihat di labelnya, biasanya dekat merk nya di bagian bawah, atau di box nya tertulis wattnya.
      bisa juga menggunakan tank ampere / Clamp Meter yg tanpa memutus perangkat yg sedang bekerja.
      bisa juga menggunakan rangkaian elektronik yang memutus rangkaian di perangkat tsb.

  124. rafli

    Gan mcb dirumah tertulis c6 230 va.ditagihan listrik 900 va.seharusnya 1300 va kan? Kenapa bisa gitu ya dari pertama dipasang sama orang pln.

    1. Oos Depok

      Berarti orang yang pasang keliru, sebaiknya agar tidak menimbulkan masalah di masa depan, maka ada baiknya dikembalikan ke semula…

  125. nisa

    Please tolong infonya donk. Saya baru dpt ac 1pk dgn 900watt sdgkn rmh saya kontrakan petakan yg besar watnya 900watt apa mngkin ac’a bisa terpasang? Sekalipun pralatan rmh tngga di offin smua kecuali kulkas.. misal saya hanya memakai wktu malam hari saja…

    1. Oos Depok

      AC 1 PK berapa Watt ya?, biasanya 1 PK itu 660 Watt sampai dengan 880 watt tergantung AC nya, tetapi kalau hanya AC saja yg di nyalakan kemungkinan besar bisa, cek aja berapa watt nya…..

  126. Eko amitoyo

    Selamat pagi bapak, sy Eko amitoyo>>saat ini sy punya generator listrik/genset dgn kapasitas daya 5500 watt, sedangkan rumah sy litrik terpasang 1300V selanjutnya sy mohon petunjuk apakah genset tadi bisa dan aman kalau digunakan jika listrik padam… sblmnya terimakasih atas jawabannya

    1. Oos Depok

      Wah Pak ini harus di hitung bebannya, ada baiknya konsultasi dengan penjual genset tsb, mengenai aman tidaknya juga ditanyakan saja sekalian.

      Oh iya nanti Pak Eko hitung seluruh peralatan listrik total watt nya berapa?, saya rasa lebih dari cukup untuk 5000 watt.
      sedangkan 1300va itu adalah pembatas listrik yang kita bayar ke PLN.

  127. Yudha

    Listrik rumah saya seblmnya ada master saklar dan mini saklar berhubung yg master saklar rusak skrg mini saklar saja dan bebannya 900 tp mcb c10 utk mini saklarnnya. Dilihat kuning pada rumah mcbnya dan panas. Apa krn hanya 1 mcb

    1. Oos Depok

      Wah saya bingung bacanya, mungkin gini mcb C10 itu untuk daya 2200, kalau 900 itu harusnya C4, wah hati2 nanti kalau dilihat petugas PLN nanti kena warning, oh iya kalau merk MCB nya abal2 bisa menyebabkan panas pada MCB, MCB ngga harus 2 koq, pakai 2 itu biasanya untuk membagi bagi daya saja.

  128. barce

    saya masih bingung satuan pecahan TTL(Tarif Tenaga Listrik) itu gimana ya

    1. Oos Depok

      A. Daya listrik arus bolak balik sebenarnya ada 3 (tiga):
      1. Daya Aktif = P, satuannya Watt, Daya yang dibayar Konsumen
      Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Cos Ø (Cos Ø = 0,65~0,95)
      Adalah daya yang sebanarnya dibutuhkan oleh beban, besarnya daya ini sangat dipengaruhi oleh efisiensi instalasi dan beban. Semakin banyak beban induksi yang tidak efisien maka semakin tinggi Daya Aktif ini. Con toh beban induksi adalah semua yang menggunakan kumparan (Pompa, Kulkas Freezer AC, Mesin Photo Copy, Mesin Bubut, Lampu TL, Peralatan Musik/Audio dll).
      Peralatan ini ketika Start memerlukan daya listrik sesaat yang jauh lebih besar dari yang tertera di peralatan, dan ketika sudah beroperasi memerlukan daya listrik sekitar 10%-30% lebih besar dari data peralatan (name plate)-tergantung efisiensi.
      Mesin mesin seperti ini yang BISA dihemat dengan alat ini
      2. Daya Nyata, = Q satuannya VA (Volt . Amper), Daya yang diberikan PLN
      Rumusnya = Tegangan (Volt) x Arus (Amper)
      Adalah daya yang diberikan PLN ke konsumen. Beban beban yang sifat dayanya nyata adalah semua peralatan yang menimbulkan energi panas (Resistif), antara lain: Setrika, Lampu Pijar, Rice Cooker, Solder, Pemanggang roti, Dispeser-Hot & Cold-, Magic Jar, dll. Peralatan ini ketika Start maupun beroperasi memerlukan daya listrik sesaat yang SAMA dengan yang tertera di peralatan.
      Mesin mesin seperti ini yang TIDAK BISA dihemat dengan jenis apapun, karena sudut Tegangan dan Arus (Ø) = Nol derajat sehingga Cos Ø = 1.
      3. Daya Semu / Daya Re-Aktif =S, satuannya VA R(Volt . Amper Reactive).
      Untuk perumahan daya ini digratiskan oleh PLN
      Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Sin Ø (Sin Ø = 0,65~0,95)
      Adalah penyimpangan daya yang timbul akibat beban Induksi. Daya semu ini untuk konsumen perumahan oleh PLN digratiskan, tetapi untuk industri dikenakan denda jika melebihi nilai tertentu.
      Mengapa ‘penghemat’ capasitor yang dijual di mall-mall itu tidak bisa menurunkan rekening listrik:
      Karena Capasitor hanya memperkecil Daya Semu (kVAR), daya semu ini telah digratiskan oleh PLN (untuk konsumen perumahan).
      Sedangkan yang dibayar konsumen perumahan adalah Daya Aktif (Watt), sehingga kalau dimasukkan rumus Daya Aktif : walau ‘amperenya kelihatan turun ’ tetapi Cos Ø pasti naik’, sehingga P (watt) akan tetap saja.
      B. Hubungan Daya PLN dan Tarif / Rekening konsumen
      1) Untuk konsumen perumahan, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen adalah Daya Aktif (Watt) yang diukur dengan satu buah alat ukur yaitu kWH meter (kilo Watt Hours Meter).
      2) Untuk konsumen industri, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen ada dua tarif yaitu menggunakan kWH Meter untuk mengukur daya Aktif (Watt) dan menggunakan kVARh Meter untuk mengukur Daya Semu/Reaktif (V.A.R)

      1. barce

        wahhhh….terima kasih sangat membantu…Good Job

        1. Oos Depok

          sama2

  129. Emie

    Assalamualaikum pak

    Saya mau tanya dgn listrik 1300 watt dgn pemakaian yg sama dari bulan ke bulan tp semakin lama semakin membengkak sampai 900rb bahkan semenjak tagihan membengkak qt sangar mengurangi pemakaian tp tagihan bukan malah berkurang tp bertambah .. Dari hanya 400rb, apakah ada indikasi pencurian listrik? Karena sebelumnya ada tetangga yg melakukan perbaikan ( saya lupa dulu krn apa ) tp saya tdk bs suudzon tanpa bukti, adakah yg bs dilakukan utk mengetahui apakah ada pencurian listrik?

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam, lapor ke PLN, sampaikan keluhan lalu minta di lakukan pemeriksaan, pencurian listrik bisa terjadi, sambungan listrik yg kurang kuat juga bisa membuat tagihan listrik jd tambah mahal, karena bila sambungan kendur bisa menimbulkan panas, sehingga listrik yg terpakai akan terbuang sia sia, dan tagihan bisa jadi mahal.

  130. Echa

    Mlm admin..
    Sya mau tanya.. knp tagihan listrik drumah trllu mhal..
    Listrik 6A pmbyaran setiap buln lbih kurg 500rbu. Smntara tidak pkai Ac. Mhon pnjelasannya y…

    1. Oos Depok

      Boleh di bilang 6A terkena GOLONGAN Tariff dan biaya yang tinggi.

  131. Rudy

    Pagi mas, saya mau tanya.
    Saya pakai listrik pulsa. 3 hari ini kok tiba2 pemakaian listrik saya melonjak ya? Sampai 10kw/h, padahal tidak ada penambahan barang elektronik apapun. Yg ada hanya kulkas dan dispenser yg always ON, kemudian led tv, stand fan 2 yg tidak selalu hidup. Kira2 gimana ya mas?

    1. Oos Depok

      coba periksa sambungan listrik / colokan listrik ada yg kendur mungkin, jika kendur bisa menimbulkan panas sehingga penggunaan listrik terbuang ke panas.

  132. mas yud

    maaf gan
    mau nanya..
    gimana caranya kita mengetahui kapasitas mcb itu sesuai dengan kapasitasnya?
    misal : mcb 4 A itu apa bener2 kapasitasnya 4 A atau 880 VA.? jangan2 kurang 880 va atau lebih dari 880 va baru anjlok nanti setelah di pasang..

    1. mas yud

      maaf gan
      mau nanya..
      gimana caranya kita mengetahui kapasitas mcb itu sesuai dengan kapasitasnya?
      misal : mcb 4 A itu apa bener2 kapasitasnya 4 A atau 880 VA.? jangan2 kurang 880 va atau lebih dari 880 va baru anjlok nanti setelah di pasang..

      1. Oos Depok

        minta tolong saja sama petugas PLN untuk di ukur, atau bisa pakai alat tang ampere.

  133. Aslan

    Asslam,

    Numpang tanya gan, listrik drumah ane 1300watt dengan 3 mcb dalam, pemakaian untik ac 2 biji (1pk & 0.5pk) lampu @4 biji, sama charger 3 biji. Nah pad ane idupin 1 tv led n 1 ps 3, mcb luar trun knp ya? Kelebihan beban kah?
    Setelah kejadian itu paginya pas nyolokin tv (lcd yg ini) listrik mati tp mcb gak trun sama sekali, itu knp ya gan? Mohon sedikit petuahnya

    1. Oos Depok

      Kemungkinan turun, trus ketika mcb di on kan listrik tdk hidup kemungkinan mcb rusak sehingga listrik tdk liwat, atau sekring putus

  134. edo

    met sore pak, seringkali hal-hal umum di rumah saya (ponakan, sepupu, sodara,dll) kalau sudah pakai charger laptop / tablet / smartphone / hp … itu chargernya masih terpasang di stop kontak yg masih ada arus PLN-nya, charger memang sudah terlepas dari device ny, tapi masih tercolok ke pln, Apakah charger-charger tsb masih memakan daya pak? sebaiknya harus TOTAL di lepas juga ya?

    Salam,
    edo

    1. Oos Depok

      met malame juga, betul memakan dayaa dan harus TOTAL dilepaskan agar listrik tidak tersedot terus menerus.

  135. Deden

    Mas saya mau tanya … AMP dalam luar rumah saya CL4 tapi AMP di luar CL10 … itu tidak apa apa?

    1. Oos Depok

      diluar 10 dan di dalam 4, tidak apa apa, cuma tidak maksimal kapasitasnya

  136. Roni

    Saya mau tanya nich soalnya penggunaan pulsa saya untuk listrik 20 ribu itu hanya terpakai dlam 3 hari saja

    1. Oos Depok

      coba di hitung di meteran berapa yg terpakai lalu di bagi dgn rupiahnya

  137. imron

    mau tanya pak, MCB PLN yg diteras luar rumah Tante Saya CL6 = 6 Ampere kan. nah,, tapi di dalam nya ada 2 MCB … masing2 C10 ,

    artinya apa ya pak, apa pengaruhnya?

    Apakah mksdny begini?
    – CL6 = langganan dengn PLN 1300va
    – tapi di dalam terjadi pembagian listrik dengan jalur dipisah 2 MCB (mgkn wktu itu ada renovasi sekalian bagi2 jalur listrik) ,, kapasitas C10 (10 Ampere), 220×10 = 2200va ,,, bila ada kelebihan beban > 1300va untuk MCB di luar ttp turun kan y?

    mohon koreksi dan penjelasanny.

    terima kasih,

    1. Oos Depok

      Ya benar, mcb di dalam tidak akan berpengaruh karena lebih besar dari yang di luar, bila ada kelebihan beban 1300va maka akan tetap turun yang di luar.

      1. imron

        ok makasih atas pencerahanny, sehat selalu pak, ^^,

        1. Oos Depok

          sama sama Pak Imron, Aamiin ya robbal alamin.

  138. Satria

    Kang punten mau tanya,
    Jadi gini. MCB saya cl 4 itu untuk dua kamar. Artinya satu kamar sekitar 440 watt an.
    Nah, rencananya kamar saya mau ganti PSU komputer sebesar 650 watt (pure).
    Psu saat ini 550 watt (tidak pure). Kira2 apa konsekuensinya jika saya ganti ke 650? Apa akan jepret atau tetap bisa berfungsi? Seandainy jepret psu brp watt yg direkomendasikan? (Maks). Didalam kamar ada tv, lampu, stavo 500va.
    Terima kasih kang.

    1. Oos Depok

      supaya tidak jepret total watt yg terpasang tidak melebihi total watt di mcb, selama melebihi akan selalu jepret, hitung saja total watt perangkat elektroniknya brp?, kalau lebih pasti jepret.

  139. nick

    permisi..mohon pencerahan

    saya punya genset utk perumahan 45 kva 3 phase 380V 68A. bagaimana dan brp Ampere MCB yg harus saya bagi ke setiap rumah jika total ada 50 rumah. terima kasih.

    1. Oos Depok

      Masing2 rumah 4 Ampere

  140. alif

    Ass, mo nanya gan apa listrik dengan kekuatan 1300 va ngangkat peralatan elektronik sprti komputer..??
    Sebagai gambaran dirumah pemakain sprti kulkas 1 pintu tv led 32 inc dispenser lampu4 buah masing masing 10 watwatt plus kipas angin tpi khusus komputernya kadang sehari dua hari nyala trus sampe berminggu tdk bisa nyala..”tdk ada kerusakan pada kompi” cuman kadang mau nyala kadang tidk mau..itu kanap ya mas mohon bantuanya..

    1. Oos Depok

      Ass= pantat (jgn disingkat kalau memberi salam).
      cara mengetesnya komputer di coba di rumah org lain apakah mengalami hal yg sama?, lalu ukur berapa volt tegangan listrik dirumah anda, jgn2 tidak mencapai 200 volt, biasanya kalau komputer tidak mau hidup itu kekurangan voltase.

  141. edi pur

    Gan mau tanya ni…berapa ampere besaran mcb yg d dlm rmh jika saya bagi 2 jalur untuk listrik dgn daya 1300 watt….

    1. Oos Depok

      gini gini, agan hitung dulu kira2 brp watt tiap2 jalur trus nanti di sesuaikan dgn kebutuhan.

  142. Tia

    Pak mau tanya untuk daya 900 watt apakah bisa menampung bersamaan nyala ac, rice cooker dan kulkas. Krn akhir2 ini njeplak biasanya bisa tapi sekarang setiap nyala semua yg td. Tdk kuat listriknya jd mati. Apakah haris tambah daya? Mohon pencerahannya ya terimakasih

    1. Oos Depok

      Biasanya AC kalau sdh mulai kotor maka wattnya bisa bertambah, sebelum tambah daya sebaiknya di coba cuci AC nya di tempat yang terpercaya…. soalnya saya jg spt itu kalau AC sdh mulai kotor dan akan sering njeplak.

  143. Tan2

    Misi nih..
    saya mau tanya mcb dalam saya c10 230/400v 6000A
    Dari mcb saya pasang kapasitor ukuran 10 uf 450v
    Dari kapasitor saya bagi buat 1 rumah..
    sebelum saya pasang kapasitor pas saya nyalain ac lampu kedip2 tapi ngak trip/turun…
    Pas saya pasang kapasitor nya di mcb nyalain ac lampu nya ngak kedip…
    yg mau saya tanya jadi hemat apa ngak listrik saya?
    Thx

    1. Oos Depok

      saya kurang tahu untuk hal spt yg bapak alami.
      Big Thanks

  144. danang

    Gan, misalkan mcb di KWH Meter 10A..kemudian dibagi menjadi 3 group masing-masing 6A.
    Apabila group 1 sdh memakai daya sebesar 1320va (6Ax220)) , kemudian group 2 memakai daya 880va(4Ax220) apakah itu berarti group 3 tidak mendapat daya karena sudah terpakai semua? dan apabila dicoba menyalakan peralatan listrik di group 3 maka MCB utama akan lgsg trip/off.

    1. Oos Depok

      Iya harusnya akan trip off.

  145. Ryan

    selamat siang..
    mau nanya, drumah saya kan MCB di KWH 6 ampere (1320Va), lalu MCB utamanya di pasang 10 ampere, apakah tidak apa2 mas? thks.

    1. Oos Depok

      tidak apa2 sih, cuma saja nanti kalau beban lebih maka MCB yg turun yang diluar, karena yg didalam lebih besar dari yg di luar.

  146. Triat

    Mau tanya kalau CL4, 220 volt, saya bagi lagi menjadi 3 MCB masing-masing 2 ampere. Apa baik dan buruknya. Trmksh

    1. Oos Depok

      kalau di bagi 2 berarti nanti mcb1 = 440VA dan mcb2 = 440VA begitu juga mcb3, kalau nanti dayanya lebih dari 440 akan turun terus mcbnya, harusnya bisa 900VA kalau 4 ampere.

  147. deden

    Pak mau nanya kalo mau mengetahui. 4A dengan watt bagaimana yah??

    1. Oos Depok

      bisa dengan rumus atau dengan pengukuran.

  148. khamal

    Assalamualailum,
    Gan, sy rencana mau tambah daya dr 450 mjd 900, tp ada temen yg nyaranin mendingan ganti MCB nya aja yg d luar (d box pln), jg yg d dlm rumah. Masing2 d ganti dgn MCB yg 4A…jd dayanya tetap 450.
    Emg bisa ya gan seperti itu?? Apa bisa bermasalah??
    Tks…

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam,

      Untuk mengganti MCB yg diluar itu harus via petugas PLN dan harus teregistrasi di PLN, kalau kita ganti sendiri itu melanggar undang2…. pembatas listrik dari PLN adalah MCB yg si luar, sedangkan MCB yg di dalam untuk membagi2 listrik misalnya kita rumah 2 lantai dan ingin bagi 2 atas 450 dan bawah 450 total 900.

  149. marlon

    Gan,apa cara menambah daya listrik rumah kita hanya mengganti mcb saja atau gmna ?

    1. Oos Depok

      lapor ke pln nanti di pasangin mcbnya yg sesuai

  150. ratno

    Numpang share y bos,,,
    Ngomong2 masalah hemat listrik,saya ada produk power saver
    Namanya home electric saver
    Alat ini buatan jerman,di pakai untuk kebutuhan listrik skala kecil
    Ada 3 type HES
    Type 1 (450-1300watt)
    Type 2 (2200-4400watt)
    Type 3 (5500-8800watt)
    Info lebih lanjut hub.
    Ratno
    081293665527
    Pin bb 521151D2

    1. Oos Depok

      Silahkan.

  151. SURIS

    PAGI PAK…mau tanya yang sederhana..kalau misalnya tv pnya 70 watt..dalam 1jam menyala,berapa rupiah yang harus di bayar

    1. Oos Depok

      pagi juga, maaf saya ngga hafal rumusnya di googling aja atau cek di dalam koment.

    2. andri

      pagi juga. 1 Kwh = Rp. 1352 di kalikan aja 70watt = 0.07Kw = 0.07 x 1352 = Rp94.64/jam

  152. ocon

    beruntung bisa dapat website ini, mau tanya di kosan saya menggunakan meteran prabayar, CL2 dan 230V/400V = 450 watt. saya punya kulkas tapi sering turun, apakah dengan menggunakan stavolt bisa membantu agar listriknya tidak turun. di kamar saya menggunakan exhaust fan untuk kamar mandi dan laptop serta HP 1. itu saja penggunaan listrik saya. terima kasih

    1. Oos Depok

      stavolt tidak membantu supaya tidak turun, kemungkinan ada yg dayanya besar, coba di ganti peralatan2 nya dgn yg low watt spt lampu led, exhaust fannya jg kalau di pasang di putaran tinggi maka wattnya ikut tinggi, kalau rendah ikut rendah…. coba cek di belakang kulkas wattnya brp?

  153. Adit

    Kalo pengukuran menggunakan alat ukur bagaimana? Misal MCB di rumah Saya penampakannya rusak/ada yg merusak di bagian yg di highlight.

    1. Oos Depok

      Panggil PLN gratis minta di cek… jgn di cek sendiri bahaya.

  154. djaya

    salam kenal,
    maaf mas hanya sekedar berbagi ilmu, setelah saya baca artikel diatas yang mas tulis itu adalah rumus untuk mencari Daya semu (Va), banyak orang yang salah pengertian tentang daya yang terpasang dirumah masing2, seperti menyebut daya 1300 Watt, 2200 watt Dst. yang harusnya 1300Va (Volt ampere) dan 2200Va(Volt ampere),
    nah Daya yang ada pada setiap pelanggan PLN baik itu yang tertera direkening listrik ataupun di kwh meter itu dengan satuan Va dan rumusnya seperti yang ada diartikel atas tapi dengan catatan satuannya Va bukan Watt.. Contohnya:
    rumus daya semu (Va), pelanggan dengan daya 1300Va:
    S=VxI
    220 x 6A(1300Va)=1320 Va dibulat jadi 1300Va
    nah untuk menghitung Watt yaitu daya nyata Contohnya
    P=V x I x Cos Q, dimana biasanya cos Q bernilai 0,85,
    220 x 6 x 0,85=1122 Watt atau 1105 Watt jika dihitung sesuai Va terpasang
    Jadi konsumen PLN yang berdaya 1300Va bisa memakai peralatan listrik hingga 1105 Watt lebih dari itu MCB akan Trip/turun…
    Terima kasih, maaf klo ada yg tidak berkenan di hati.

    1. Oos Depok

      maaaf mas saya dpt dari buku spt itu, jd saya belum tentu salah…. maaf juga ya, untuk satuan saya akan perbaiki, harusnya VA…. Thanks Mas.

      A. Daya listrik arus bolak balik sebenarnya ada 3 (tiga):
      1. Daya Aktif = P, satuannya Watt, Daya yang dibayar Konsumen
      Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Cos Ø (Cos Ø = 0,65~0,95)
      Adalah daya yang sebanarnya dibutuhkan oleh beban, besarnya daya ini sangat dipengaruhi oleh efisiensi instalasi dan beban. Semakin banyak beban induksi yang tidak efisien maka semakin tinggi Daya Aktif ini. Con toh beban induksi adalah semua yang menggunakan kumparan (Pompa, Kulkas Freezer AC, Mesin Photo Copy, Mesin Bubut, Lampu TL, Peralatan Musik/Audio dll).
      Peralatan ini ketika Start memerlukan daya listrik sesaat yang jauh lebih besar dari yang tertera di peralatan, dan ketika sudah beroperasi memerlukan daya listrik sekitar 10%-30% lebih besar dari data peralatan (name plate)-tergantung efisiensi.
      Mesin mesin seperti ini yang BISA dihemat dengan alat ini
      2. Daya Nyata, = Q satuannya VA (Volt . Amper), Daya yang diberikan PLN
      Rumusnya = Tegangan (Volt) x Arus (Amper)
      Adalah daya yang diberikan PLN ke konsumen. Beban beban yang sifat dayanya nyata adalah semua peralatan yang menimbulkan energi panas (Resistif), antara lain: Setrika, Lampu Pijar, Rice Cooker, Solder, Pemanggang roti, Dispeser-Hot & Cold-, Magic Jar, dll. Peralatan ini ketika Start maupun beroperasi memerlukan daya listrik sesaat yang SAMA dengan yang tertera di peralatan.
      Mesin mesin seperti ini yang TIDAK BISA dihemat dengan jenis apapun, karena sudut Tegangan dan Arus (Ø) = Nol derajat sehingga Cos Ø = 1.
      3. Daya Semu / Daya Re-Aktif =S, satuannya VA R(Volt . Amper Reactive).
      Untuk perumahan daya ini digratiskan oleh PLN
      Rumusnya = Teg. (Volt) x Arus (Amper) x Sin Ø (Sin Ø = 0,65~0,95)
      Adalah penyimpangan daya yang timbul akibat beban Induksi. Daya semu ini untuk konsumen perumahan oleh PLN digratiskan, tetapi untuk industri dikenakan denda jika melebihi nilai tertentu.
      Mengapa ‘penghemat’ capasitor yang dijual di mall-mall itu tidak bisa menurunkan rekening listrik:
      Karena Capasitor hanya memperkecil Daya Semu (kVAR), daya semu ini telah digratiskan oleh PLN (untuk konsumen perumahan).
      Sedangkan yang dibayar konsumen perumahan adalah Daya Aktif (Watt), sehingga kalau dimasukkan rumus Daya Aktif : walau ‘amperenya kelihatan turun ’ tetapi Cos Ø pasti naik’, sehingga P (watt) akan tetap saja.
      B. Hubungan Daya PLN dan Tarif / Rekening konsumen
      1) Untuk konsumen perumahan, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen adalah Daya Aktif (Watt) yang diukur dengan satu buah alat ukur yaitu kWH meter (kilo Watt Hours Meter).
      2) Untuk konsumen industri, yang diberikan oleh PLN ke konsumen adalah Daya Nyata (V.A), tetapi yang dibayar konsumen ada dua tarif yaitu menggunakan kWH Meter untuk mengukur daya Aktif (Watt) dan menggunakan kVARh Meter untuk mengukur Daya Semu/Reaktif (V.A.R)

  155. sarah

    listrik 4 ampere tp mcb nya cuma satu aja apa ga bermasalah kh?

    1. Oos Depok

      tidak apa2 selama kapasitasnya masih masuk.

  156. andri

    Maaf numpang tanya, kondisi listrik di rmh saya apabila mcb dlm kondisi off tapi listrik msh menyala
    Itu knp ya mas ?

    1. Oos Depok

      Berarti di Bypass atau di hubungkan langsungkan melewati MCB.

  157. ismoe

    Selamat pagi pak,
    Biaya PLN naik, ada referensi merk power saver dipasaran pak, harga kisaran berapa ya
    Terima kasih

    1. Oos Depok

      Selamat Siang juga.
      Saya ngga ada referensi tapi kalau bisa cari merk/buatan Jerman.

  158. ismoe

    Pak mau nanya alat tertulis 250V / 50HZ, maksudnya apa ya, koq nggak ada watt nya
    Power saver yang banyak dijual utk menghemat listrik diklaim sd 40%, benarkah manfaatnya, terima kasih

    1. Oos Depok

      250V/50HZ itu artinya listrik dgn tegangan sebesar 250V/50HZ, kalau ngga ada wattnya cek kodenya di MCB. power saver menghemat 40% sepengalaman saya belum ada dan saya tidak tahu kalau sdh ada yg bisa hemat 40%

  159. Andante

    Terimakasih artikelnya, sangat terbantu. Selain itu saya ingin Tanya, bagaimana acaranya kita mengetahui listrik kita dicuri atau tidak. Bagaimana ciri cirinya? Terimakasih

    1. Oos Depok

      sama2.
      Cara paling efektif matikan semua peralatan listrik di rumah lalu lihat ke meteran listrik jika jalannya masih cepat maka kemungkinan dicuri.
      Cara yang di anjurkan adalah meminta bantuan PLN / jasa 3rd party untuk mengecek listrik di rumah kita.

  160. Ranno ganar

    Pg, di mcb rmh sy c4, tpi tagihan listrik pulsa di data pln 1300VA, itu gmn ya? Tks

    1. Oos Depok

      pagi juga, jika memang 1300 watt maka pasti di MCB C6/CL6 karena 6 x 220 = 1320

      1. Ranno ganar

        Justru itu masalahnya mcb tertulis c4

        1. Oos Depok

          tinggal lapor ke PLN complain dan minta restitusi kelebihan pembayaran.
          mantap kan.

  161. Ranno ganar

    Di mcb rmh sy c4,tp di data pln pas sy ngisi pulsa 1300VA, itu gmn ya?

  162. rihfan

    malam mau namya mcb c32n cl4 itu berapaya amperya?
    makasih

    1. Oos Depok

      malam juga CL4 = 4A = 900 watt

  163. leo

    gan mau nanya listrik itu ada brapa macem pass/volt,makasih.

    1. Oos Depok

      waduh saya kurang paham pertanyaannya.

  164. Kenny

    hi saya baru tambah daya dari 10Am ke 16Am. org PLN blg 10am tu 1010kwh dan nanti akan jadi 16amp = 1243kwh. tu artinya apa ya?

    bukannya 16am x 220w = 3520 watt ?

    1. Oos Depok

      harusnya sih begitu, minta penjelasan detail aja mas sama org pln nya, jgn2 nanti terbagi bagi di tiap2 mcb.

  165. saepul widayat

    Gan kalu kabel sarebut ama tunggal pengaruh ga ke d
    aya yg keluar.

    1. Oos Depok

      Pengaruh ttp tdk terlalu signifikan pengaruhnya.

  166. wahyu

    22 KW brpa amper yg harus kita pasang gan?

    mohon bantuan nya ya gan >
    terima kasih.

    1. Oos Depok

      coba di hitung rumusnya kan ada di atas, kalau daya 22kw tinggal di bagi aja pake rumus diatas.
      22kw/220volt = 100A

  167. wahyu

    sory gan low mengitung watt tu di tentukan dngan faktor daya,. nah faktor daya tu brpa brpa ya gan?

    terima kasih

    1. Oos Depok

      diatas ada contohnya tinggal di bagi aja… coba aja mas.

  168. adrian

    Gan mw nanya dnk, kan rmh saya tingkat tp cm tngkat blkng doang, nah cra tw listrik antai atas itu brp watt gmn yh?? Listrik rmh saya total 1500an

    1. Oos Depok

      jumlahin aja perangkat listrik yg di atas totalnya berapa, nah itu sudah jumlah wattnya.

  169. Hydeist

    permisi agan, mau tanya nih,

    ane kemaren baru pasang listrik baru 450watt, prabayar, tapi kok ane nyalahin rice cooker, cuma sebentar terus tiba2 turun listriknya, padahal ane udah matiin semua nya dari tipi , lampu2, ntu kenapa yah gan?!

    1. Oos Depok

      coba cek di bawah rice cooker tulisan wattnya berapa?, kalau lebih besar dari 450watt listrik pasti turun.

      1. Hydeist

        tapi sempet hidup gan rice cooker nya, pas beberapa lama langsung turun deh tuh, ,gimana tuh yah gan?!

        1. Oos Depok

          memang rice cooker itu kalau memasak wattnya tinggi, sedangkan baru di hidupkan dan memanaskan nasi wattnya kecil.
          jadi pas dia mulai masak maka wattnya akan tinggi membuat listrik turun.

          1. Hydeist

            oh gitu yah gan!, ok

            oh iya gan satu lagi nih ane mau tanya, mav yh gan banyak nanya!,

            ane kemaren Pasang Baru Listrik 450W, kok biaya nya sampe 700rb lebih yah?!, ane minta tolong ke orang sih gan!, sebenernya tuh qlo urus sendiri biaya nya berapa sih semua gan?!

            1. Oos Depok

              kalau itu krg tau juga. maaf ya.

  170. Roni ahmad

    kenepa listerik sering pasang surun, kalau surut jauh banget bahkan nyampe 160 kadang 150 voltasenya kenapa tidakn bisa setebil terus. voltase segitu kan bisa ngerusak elektronik

    1. Oos Depok

      bisa disebabkan supply dari gardu yang lemah, atau bisa di sebabkan perkabelan yg kurang bagus, coba di cek seluruh sambungan apakah ada yg kendor. dan telp PLN minta mereka melakukan pengecekan.

    2. andri

      atau bisa beli stabilizer aja.

  171. Kang Miftah

    sangat membantu sekali artikelnya…

    1. Oos Depok

      thanks

  172. sartono

    Assalamu’alaikum, siang gan mau

    1. Oos Depok

      wa’alaikum salam

  173. sartono

    Mau nanya gan, alat apa yg praktis untuk mengetahui pemakaian daya lampu selain kwh meter. Terima kasih gan mohon infonya

    1. Oos Depok

      ada banyak pak, tinggal googling pengukur daya, kayaknya ada yg pake infr red juga tinggal di tembak nanti muncul daya nya

  174. Dwi Wulandari

    kumparan sekunder transformator step down dihubungkan dengan sebuah lampu 60w×12v jika perbandingan jumlah lilitan primer dengan jumlah lilitan sekunder adalah1:10 tentukan tegangan listrik pada kumparan primer

    1. Oos Depok

      di googling aja Mbak. 😀

    2. andri

      ini sepertinya tugas kuliah. atau soal UAS wkwkwkwk

  175. uly

    listrik drumah sering turun gak tahu kenapa setelah dihitung watt dirumah itu 2200 sesuai perhitungan cl 10 dikalikan 220. Tapi elektronik yang dgunakan hanya kulkas, tv, charge laptop sama hp doang. Saya search di google katanya MCB nya lemah. yang saya bingung MCB nya dirumah banyak. dari PLN 1 dan yang didalam rumah ada 4. gimana cara ngatasi listrik yang sering turun mohon bantuannya…

    1. Oos Depok

      Ada 2 Cara:
      1. Telp ke PLN laporkan masalah, nanti akan di cek sambungan di tiap2 MCB apakah kendur atau ada korsleting di sekitar sambungan sambungan.
      2. Minta bantuan ke Ahli pasang listrik rumah minta di kencangkan semua sambungan2nya, kalau mau kencangkan sambungan sendiri hati2 berbahaya, tiap2 sambungan di pelintir sampai tidak renggang lagi dan di bungkus isolasi listrik.
      Biasanya hal hal spt ini yg membuat listrik kita jadi mahal dan MCB sering turun.
      MCB belilah merk yg bagus seperti Scheider / Merlin Gerin, terkadang MCB lemah juga bisa spt ini.
      Kalau semua hal di atas sudah di jalankan tapi masih bermasalah sama, ada kemungkinan listrik anda di curi, bukan menakut nakuti, tidak ada salahnya waspada akan segala kemungkinan yg terjadi.

  176. Pariston

    slamat pagi…

    mau nanya gan..kalau mcb scheineder 3 phase trus tulisannya C32N dan CL16,brapa Ampere ya.? thanks…..

    1. Oos Depok

      C32N – CL16 = 16A

  177. hendy

    c60N b25 itu berarti berapa ampere??

    1. Oos Depok

      C60n = 6A (Ampere)
      Lihat yang di highlight kuning 230/400V 50Hz = 220V (Volt)
      Rumus menghitung Watt / daya listrik rumah adalah Ampere x Volt jadi perhitungannya 6A X 220V = 1320 Watt
      Jadi daya listrik yg terpasang di rumah adalah 1300 (pembulatan dalam menyebut biar mudah)

  178. ricky

    c16 itu brp watt yah gan ?

    klo mau nambah daya mesti ganti mcb nya yah dri pihak pln ?

    1. Oos Depok

      CL6 = 6A X 220V = 1320 Watt
      Untuk penggantian harus ke PLN dan wajib

  179. roy

    Gan kalo mcbnya ada 2 bijimane? Yang diluar cl 6.. yg didalem c 10?

    1. Oos Depok

      mungkin di bagi2 wattnya misalnya rumah 2 lantai yg atas pakai CL6 dan lantai bawah pakai CL10, masing2 membatasi kebutuhan tiap lantai.

  180. TrisnoadiW

    makasih gan sgt membantu

    1. Oos Depok

      Sama2, senang bisa berbagi info.

  181. foulu

    Mcb di kost ane merknya hager. Tulisannya cmn c1 aja, bukan cl1. Apakah itu sama dayanya 1 ampere? Kalo ganti mcb yg lebih tinggi asal ga ngelebihin masternya bisa kan?

    1. Oos Depok

      Kalau ngga salah sama, tapi baru dengar C1, mungkin C10 kali ya?

      1. foulu

        Kalo cl10 sih kayanya ga mungkin. Soalnya buat full load komputer yg 600w lgsg turun. Tapi kalo buat program/kerjaan biasa kuat2 aja. Makanya agak bingung brp dayanya.

        1. Oos Depok

          Iya nih, saya baru googling ternyata ada C1 = 220 watt, saran saya call ke pln minta informasi daya yg terpasang berapa watt. coba telp ke 123, siapin aja data data spt alamat dan no pelanggan.

  182. Fauzan

    Asslm,
    gitu ya gan.. berarti ane musti nambah daya ato bikin baru lg ya. ya lah kalo gitu makasih gan pencerahannya.
    sukses buat agan..
    Asslm.

    1. Oos Depok

      Ya, sebaiknya tambah daya, kalau bikin baru nanti bayar abonemen nya jd dua.

  183. Fauzan

    Asslm,

    gan mau minta dibantu pencerahan nih tapi sebelumnya maaf gan kalo keluar dari konteks post nya dikit.. ceritanya gini gan, ane mau pindah kontrakan, nah di kontrakan yang baru ini cuma ada listrik 900 watt untuk 2 pintu kontrakan. nah pertanyaan ane 1 semisal dibagi rata ane 450 tetangga ane 450, itu cukup ga ya buat ane yg punya kulkas 1 pintu, PC dengan psu 650 + monitor 23 inch + speaker aktif 2.1, 5 titik lampu @ 7 watt LED dan 1 tornado fan (kipas angin yang besi).
    mohon dibantu gan..
    makasih sebelumnya

    Asslm,

    1. Oos Depok

      Kayaknya kurang daya nya, nanti akan sering turun kalau hidup bersamaan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *