Apa sih Amandel (tonsils) itu?

Berkas:Throat with Tonsils 0011J.jpegDokter ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), Trining Dyah Sp THT-KL menjelaskan, amandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar di kedua sisi belakang tenggorokan yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh.

“Amandel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel antibodi untuk menjebak dan membunuh bakteri dan virus patogen dalam perjalanan memasuki tubuh,” kata dokter Trining kepada FAJAR, Rabu 8 Agustus.
Assalamu'alaikum, Welcome to PutoZone, Toko Online Serba Murah, terima kasih sudah berkunjung di Berilmu.com

Tonsilitis adalah peradangan amandel sehingga amandel menjadi bengkak, merah, melunak, dan memiliki bintik-bintik putih di permukaannya. Pembengkakan ini disebabkan oleh infeksi, baik virus maupun bakteri.

“Ada banyak virus yang dapat menyebabkan tonsillitis. Yang paling umum adalah virus Epstein-Barr dan virus Coxsackie. Di antara bakteri yang menyebabkan tonsilitis, kelompok streptokokus A adalah yang paling umum,” kata Trining yang akrab disapa Nining ini.

Hal senada juga diungkap dokter THT lainnya, dokter Aminuddin, Sp THT-KL MARS. Ia menjelaskan, amandel adalah bahasa awam yang sesungguhnya dalam bahasa medis disebut tonsillitis. Ia merupakan pertahanan yang disebut kelenjar getah bening pada sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut  yang bertugas membunuh kuman yang masuk melalui mulut kita bersama enzyme pembunuh kuman yang ada di mulut kita.

“Kalau dilihat, jaringan amandel mempunyai daerah dengan celah-celah dan ada yang tidak. Fungsi celah di jaringan amandel ini untuk menangkap kuman,” kata Aminuddin. 

Sumber : http://www.fajar.co.id/read-20120808225113-sakit-tenggorokan-bukan-karena-puasa

Tolong di share

Permanent link to this article: http://berilmu.com/blog/apa-sih-amandel-tonsils-itu/

Leave a Reply

Your email address will not be published.